Beranda Headline

Bupati Serahkan 3 Ribu Paket Sembako Kepada Pedagang Pasar Sentral

BAGIKAN
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH bersama Ketua DPRD, Roby Omaleng melepas bantuan kepada 3 ribu pedagang di Pasar Sentral.

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika berupaya keras melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan guna melindungi semua masyarakat Mimika. Termasuk masyarakat pedagang yang terdampak wabah Covid-19.

Sebagai bentuk dukungan kepada pelaku usaha mikro yang ada di Pasar Sentral, Pemda Mimika melalui Dinas Koperasi dan UMKM membagikan 3 ribu paket sembako yang disalurkan melalui Koperasi AMKO. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH didampaingi Ketua DPRD Mimika, Roby Omaleng serta Kepala Dinas KUMKM, Ida Wahyuni dan para pejabat lainnya di Jalan Cenderawasih, Kamis (14/5).

Adalam arahannya sebelum menyerahkan bantuan, Bupati Omaleng mengatakan tidak lama lagi Pemda akan menerapkan pembatasan aktifitas masyarakat termasuk menutup Pasar Sentral. “Pasar dan toko masih buka dan ramai akan ditutup sementara sehingga masyarakat bisa sadar bahwa Covid-19 berbahaya,” ujar Bupati Omaleng.

Sehingga bantuan diberikan kepada pedagang untuk mendukung keberlangsungan usaha bagi penjual sayur dan bahan makanan lainnya untuk menyediakan bahan makanan bagi masyarakat di Kabupaten Mimika.

Presiden Joko Widodo lanjut Bupati Omaleng juga sudah memberikan kebijakan khusus kepada para pelaku usaha mikro dan usaha kecil akibat imbas Covid-19 dengan memberikan kelonggaran atau relaksasi kredit. Juga penunjaan cicilan ampai satu tahun dan penurunan bunga oleh perbankan maupun industri keuangan non bank.

Juga adanya kebijakan Pemda Mimika melalui Peraturan Bupati Mimika Nomor 7 Tahun 2020 memberikan insentif pajak bagi pelaku UMKM di Mimika dengan pengurangan pajak hingga 50 persen. Serta kebijakan lainnya membeli sayur hasil kebun atau tani mama-mama Papua yang sudah dilakukan untuk memberikan pengganti penghasilan akibat dampak Covid-19.

“Diharapkan kegiatan bertani dan berkebun untuk masyarakat di kampung-kampung dan distrik pedalaman terus dilakukan guna ketahanan pangan di rumah tangganya masing-masing dan untuk ketersediaan pangan di Kabupaten Mimika,” ujar Bupati Omaleng.

Bupati meyakini semua orang cemas dengan situasi sekarang namun ia mengajak seluruh masyarakat pandemi Covid-19 berdoa agar wabah cepat berakhir baik di Mimika, Papua, Indonesia bahkan seluruh dunia.(sun)