Beranda Headline

Bupati Omaleng Pakai Dana Pribadi Bantu Masyarakat

BAGIKAN
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH menyerahkan bantuan pribadi kepada warga Kampung Muare, Distrik Mimika Timur.

TIMIKA – Untuk memastikan seluruh masyarakat bisa mendapat bantuan, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH tak segan-segan merogoh dana pribadinya. Bupati menyiapkan bantuan untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak namun belum tercover oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19.
Salah satu wilayah yang dibantu adalah masyarakat di Kampung Muare, Distrik Mimika Timur. Bupati Omaleng turun langsung membawa sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang sudah berkumpul di Balai Kampung, Kamis (14/5).
Bupati Omaleng meyakini masih banyak masyarakat terdampak yang belum tersentuh oleh bantuan dari Pemda melalui tim termasuk distrik, kelurahan atau kampung hingga RT. “Bantuan hari ini langsung dari pribadi Bupati. Kami siapkan  untuk daerah yang belum disentuh oleh tim gugus tugas,” ujarnya.
Informasi adanya warga yang belum mendapat bantuan didapatkan Bupati Omaleng dari beberapa masyarakat yang memang ditugaskan untuk memantau pembagian bantuan dari pemerintah kepada masyarakat. “Saya dapat informasi dari tim khusus untuk melihat tempat yang belum dapat,” tandasnya.
Sehingga Bupati menggunakan dana pribadi untuk menjangkau warga yang belum tersentuh bantuan. Bukan hanya Kampung Muare, Distrik Mimika Timur beberapa kampung bahkan distrik lainnya juga akan dibantu oleh Bupati. Seperti Manasari, Distrik Mimika Timur Jauh, Distrik Jita, Distrik Agimuga, Distrik Jila serta wilayah dalam Kota Timika.
Dikatakan Bupati beberapa daerah di pegunungan belum mendapat bantuan sehingga akan menjadi sasaran bantuan. “Memang bantuan Pemda belum seluruhnya dapat. Jadi tim saya melihat daerah yang belum dapat itulah yang saya turun bantu pribadi termasuk beberapa distrik itu belum jalan,” terangnya.
Bantuan ditegaskan Bupati Omaleng harus dipastikan sampai ke tangan masyarakat terutama yang ada di kampung dan pinggiran supaya tetap bisa memenuhi kebutuhan agar tidak perlu ke kota karena tidak ada bahan makanan di kampung.
Tujuan pemberian bantuan oleh pemerintah kata Bupati Omaleng dimaksudkan untuk membatasi pergerakan masyarakat terutama dari kampung ke kota yang rawan terpapar virus corona. Untuk itu ketika menyerahkan bantuan, Bupati meminta warga untuk sementara tidak ke kota, tetap bertahan di rumah dan kampung sampai wabah virus corona dinyatakan sudah berakhir dan kehidupan kembali normal.
Adapun bantuan yang diberikan berupa beras masing-masing satu karung untuk setiap kepala keluarga, mie instan, masker dan keperluan lainnya. “Sambil tunggu Covid-19 berakhir jadi masyarakat makan dengan yang disiapkan, jangan ke kota dulu,” tegasnya.(sun)