oleh

15 Mahasiswa Asal Mimika Raih Gelar Magister PWK

TIMIKA – 15 mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (MPWK) Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen) yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika, Kamis (28/5) resmi menerima gelar Magister setelah mengikuti prosesi acara rapat terbuka senat Uncen daring periode 1 tahun 2020 yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Cenderawasih secara online.

Berdasarkan Keputusan Rektor Uncen nomor 141/UN20/PP/2020 tentang wisuda lulusan Program Doktor, Program Magister, Program Sarjana dan Program Diploma periode 1 tahun akademik 2019/2020.

  1. Harmonis Rante, ST, MT selaku ketua Program Studi (Prodi) Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (MPWK) Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen) melalui sambungan telpon kepada Radar Timika mengatakan, wisuda kali ini merupakan gelombang ketiga yang diikuti oleh sebanyak 15 mahasiswa, yang mana sebanyak 18 orang mahasiswa telah mengikuti wisuda pada gelombang pertama dan kedua, sehingga total keseluruhan sebanyak 33 mahasiswa asal Mimika telah menyelesaikan pendidikan.

“Dengan mengucap syukur kepada Tuhan dan selamat kepada mahasiswa MPWK Uncen atas selesainya wisuda gelombang terakhir dari total 36 orang mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dari Timika,” ujar Harmonis.

Dijelaskannya, untuk proses wisuda secara online, mahasiswa yang mengikuti wisuda akan menonton secara langsung dari rumah masing-masing melalui live streaming Youtube untuk Mendengar secara langsung nama-nama yang dibacakan di dalam keputusan tersebut.

“Jadi teknis wisuda online ini berlangsung satu arah jadi mahasiswa itu hanya melihat dan mendengar nama-nama mereka melalui  keputusan yang dibaca oleh Rektor melalui live streaming, tetapi mahasiswa tetap mengambil toga dan toga ini yang mereka gunakan untuk dokumentasi di rumah mereka masing-masing,” jelasnya.

Wisuda pada umumnya di Uncen merupakan salah satu syarat mahasiswa untuk mengambil ijazah setelah selesai menempuh pendidikan. Hanya saja proses wisuda kali ini harus mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, sehingga pengambilan ijazah akan diatur kembali bagaimana siswa yang ada di Jayapura dan di luar Jayapura.

“Wisuda itu kalau di Uncen merupakan salah satu syarat untuk mengambil ijazah, jadi seseorang itu sebelum wisuda harus bayar SPP terus karena dianggap belum selesai. Hanya karena saat ini masih ada pembatasan sehingga kalau seandainya sudah ada penerbangan baru mereka akan ke Jayapura untuk mengambilnya, karena ijazah itu tidak bisa diwakilkan,” ungkapnya.

Usai menerima gelar Magister PWK, ia berharap 33 orang mahasiswa yang merupakan lulusan magister perencanaan wilayah dan kota bisa kembali ke kehidupan mereka masing-masing dan menerapkan ilmu yang sudah didapat untuk pembangunan di Mimika.

“Jadi harapan kami itu pertama setelah mereka selesai harapan kami mereka kembali kehidupan masing-masing dan memberikan prestasi yang terbaik memajukan Timika dan tentunya membawa nama magister perencanaan wilayah dan kota Uncen, supaya apa yang mereka capai kinerja yang mereka tunjukkan di situlah orang akan mengenal mereka dan sebagai bentuk promosi dari Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota jadi mereka sendiri kita anggap sebagai duta kita,” harapnya.

Selain itu ia juga berharap kepada Pemda Mimika agar bisa membuka kelas baru Prodi yang sama sehingga kerjasama ini bisa terus berjalan.

“Kita untuk Prodi Magister PWK itu tetap terbuka kalau masih ada dari Pemda. Hanya saja hingga saat ini belum ada informasi yang kami peroleh dari Pemda bahwa akan ada lagi, kalaupun ada mahasiswa nya harus di atas 15 orang. Karena kalau terlalu sedikit biaya yang kita kasih keluar tidak sebanding dengan mahasiswa yang kita layani,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Pasca Sarjana Magister PWK Mimika, Ir Irfan Bae, MSi MT mengucapkan terima kasih kepada Pemda Mimika dalam hal ini Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH yang telah memberi dukungan sehingga kelas magister PWK di Mimika bisa berjalan.

“Prodi MPWK itu sangat luar biasa dan semua bisa mendapatkan gelar MT atas dukungan bantuan dari Pemda Mimika, sehingga kami bisa menyelesaikan program studi dengan baik. Nantinya Mimika akan tetap mendukung pembangunan daerah demi Mimika menjadi kota yang smart city serta mensukseskan PON 2021,” kata Piter Edoway.

Dalam acara rapat terbuka senat Uncen dalam rangka wisuda daring lulusan Program Doktor, Program Magister, Program Sarjana dan Program Diploma periode 1 tahun 2020 dihadiri oleh rektor Uncen, Dr Ir Apolo Safanpo, ST MT, didampingi senat, anggota senat Uncen Jayapura.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *