oleh

Distribusi Bantuan Tuntas, Kelurahan Kamoro Jaya Jadi Penutup

TIMIKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika akhirnya menuntaskan distribusi bantuan bahan makanan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania merupakan kelurahan paling terakhir yang menjadi sasaran distribusi.

Kelurahan Kamoro Jaya menjadi kelurahan terakhir lantaran jumlah keluarga penerima manfaat sangat tinggi yakni 5.000 kepala keluarga yang tersebar di 54 RT. Penyaluran yang dilakukan melalui RT pun harus dilakukan dua hari yakni Kamis (28/5) dan Jumat (29/5).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis bertempat di Kantor Kelurahan Kamoro Jaya oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Demianus Katiop bersama beberapa pejabat Pemda Mimika serta disaksikan anggota DPRD Mimika yakni Mariunus Tandiseno dan Daud Bunga’.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Demianus Katiop mengatakan harus bantuan sudah disalurkan sejak Rabu (27/5) lalu tapi karena cuaca yang tidak mendukung maka ditunda. Sehingga ia sangat menyayangkan adanya aksi pemalangan yang dilakukan sekelompok warga karena mempertanyakan bantuan.

Ia menegaskan bahwa sudah menjadi kebijakan dari kepala daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati untuk memberikan bantuan kepada seluruh masyarakat berdasarkan keluarga atau kepala keluarga. Setiap KK mendapat 25 kilogram beras, 2 kilogram gula, 2 boks teh, mie instan satu karton, 1 liter minyak goreng dan 1 rak telur ayam.

Kepada warga yang tidak masuk dalam daftar penerima bantuan diharapkan segera melapor kepada RT masing-masing untuk dilanjutkan kepada lurah atau kepala kampung serta distrik agar disampaikan kepada tim gugus tugas.

Adapun total bantuan untuk Kelurahan Kamoro Jaya yakni 125 ton beras, 5 ribu karton mie instan, 10 ribu dos teh, 10 ribu kilogram gula pasir, 5 ribu liter minyak goreng dan 5 ribu rak telur ayam. Tapi yang baru didistribusikan kemarin 40 ton beras serta bahan lainnya. Telur ayam juga belum seluruhnya karena stok terbatas sehingga yang baru didistribusikan sebanyak 1.300 rak.

Anggota DPRD Mimika, Daud Bunga menegaskan seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19 harus mendapatkan bantuan. Itu bisa terwujud atau keluarga penerima manfaat menerima jika didistribusikan dengan baik.

“Mohon jangan ada bantuan yang berkurang. Sudah ada beberapa RT yang lakukan tindakan tidak terpuji. Mari lakukan tindakan yang manusiawi jadi bantuan harus sampai ke masyarakat,” ujarnya.

Daud juga mengimbau kepada masyarakat yang belum menerima agar melapor secara administrasi melalui pemerintah tingkat bawah supaya bisa terakomodir.

“Tidak perlu palang jalan. Itu sudah pasti ditangani tim yang sudah diberi tanggungjawab,” tandasnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *