oleh

Waktu Berkunjung di Lapas Timika, Tunggu Instruksi Menteri Hukum dan HAM

TIMIKA-Semenjak pandemi virus corona atau Covid-19 mewabah di Kabupaten Mimika, maka pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Timika telah menutup segala bentuk kegiatan termasuk aktivitas berkunjung.

Kalapas Kelas IIB Timika, M Doloksaribu, SH yang dikonfirmasi Radar Timika, Kamis (28/5) kemarin mengatakan, penutupan akses waktu berkunjung di Lapas dan seluruh Lapas yang ada di Indonesia, berdasarkan perintah langsung dari perintah langsung dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Prof Yasonna Hamonangan Laoly, SH MSc PhD melalui teleconference yang dilakukan pada Bulan April lalu.

“Sudah sejak tanggal 23 April lalu, kita sudah tiadakan kunjungan dan penitipan barang di Lapas Timika. Dan sebelum kita berlakukan itu, telah kita sosialisasi selama 5 hari ke warga binaan,”jelas Kalapas.

Lanjut kata dia, untuk saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan, terkait wacana pembukaan kembali waktu kunjungan di Lapas Kelas IIB Timika.

“Kita tunggu perintah dari Pak Menteri Hukum dan HAM. Karena waktu penutupan juga beliau yang perintah langsung kepada seluruh Lapas di Indonesia termasuk Lapas Timika,”ucap Doloksaribu.

Sementara itu menurutnya untuk aktivitas warga binaan di Lapas Kelas IIB Timika sendiri, berjalan seperti biasanya.

“Aktivitas keseharian seperti olahraga, kerja bakti sampai bercocok tanam masih seperti biasa. Semua itu selain untuk mengusir kejenuhan mereka (para warga binaan), juga sebagai bentuk pembinaan kepada mereka,”paparnya. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *