oleh

New Normal, Disdik Pastikan Sesuaikan Sistem

TIMIKA – Rencana Pemerintah Pusat untuk memberlakukan tatanan normal baru atau New Normal memicu reaksi beragam bagi kalangan masyarakat. Salah satu sektor yang banyak menjadi perbincangan atau kekhawatiran di kalangan orang tua adalah proses sekolah anak-anaknya, khususnya anak-anak di jenjang pendidikan dasar.

Sebab, anak-anak pada jenjang pendidikan dasar, tentu kesadaran dan pemikirannya akan berbeda dengan orang dewasa, yang bisa menerapkan protokol ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun, terkait tatanan normal baru ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni O Usmani menegaskan tentu akan ada perbaikan dan penyesuaian sistem belajar di semua sekolah. Seperti pengaturan jam istirahat, jarak tempat duduk siswa dalam kelas, jumlah mata pelajaran setiap hari, hingga menghilangkan kebiasaan bersalaman dengan guru saat masuk kelas maupun saat pulang, serta penyesuaian berbagai kebiasaan lainnya.

“Kalau dari segi kehidupan akan ada new normal, di pendidikan juga pasti ada new normal juga nanti,” kata Jeni saat dihubungi Radar Timika, Kamis (29/5).

Jeni mengatakan, ada banyak hal yang akan diperbarui setelah Covid-19 ini, agar semua bisa berjalan dengan baik. Termasuk membatasi daya tampung setiap sekolah sebagaimana prosedur yang berlaku serta mewajibkan semua siswa dan guru menggunkan masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah belajar.

“Ini yang akan kita tindak lanjuti semua, mekanisme dan syaratnya. Jelasnya kita masih menunggu keputusan dari Kemendikbud, baru kita persiapkan dengan baik juga di kabupaten. Semoga semua bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *