oleh

Dandim dan Masyarakat Dukung Pabrik Sagu di Keakwa Segera Beroperasi

TIMIKA – Masyarakat Kampung Keakwa, Distrik Mimika Tengah mendukung penuh pengoperasian Industri Sagu Rakyat yang sudah lama terbengkali di wilayah tersebut. Pasalnya dengan dioperasikannya pabrik sagu tersebut, sangat membantu ketersediaan lapangan kerja serta ketahanan pangan bagi masyarakat di Keakwa dan sejumlah daerah pesisir lainnya.

Kepala Kampung Keakwa, Wiro Potareyau kepada Radar Timika, Selasa pekan lalu menyebutkan pihaknya bersama masyarakat Kampung Keakwa sangat mendukung beroperasinya pabrik tersebut.

“Kami masyarakat Kampung Keakwa sangat mendukung pabrik sagu ini agar segera dapat dioperasikan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan dewan adat Kampung Keakwa, Yohakim Amareyau. Menurutnya, apabila pabrik sagu tersebut dapat beroperasi, tentunya sangat membantu masyarakat di Kampung Keakwa serta masyarakat lainnya yang ada di wilayah pesisir.

Ia mengungkapkan, pabrik sagu tersebut dibangun oleh YPMAK pada 2016, yang dulu masih bernama LPMAK, namun hingga kini belum beroperasi.

“Pabrik sagu itu sudah ada, bahkan tempat dan bangunan sudah ada, tetapi belum dioperasikan,” ujar Yohakim.

Karena itu ia menyebutkan pengangkatan Maximus Tipagau sebagai anak adat Kampung Keakwa, diharapkan dapat mendukung dan membantu pihaknya agar pabrik sagu tersebut bisa beroperasi.

“Hari ini kami lakukan acara pengangkatan anak adat, yaitu anak Maximus Waukateyau menjadi putra adat Kampung Keakwa. Semoga anak Maximus ini bisa membantu kami agar pabrik sagu itu bisa beroperasi,” tegasnya.

Sementara itu, Maximus Waukateyau sehabis mengikuti ritual pengangkatan dirinya sebagai anak adat Kampung Keakwa, optimis untuk mendukung pengoperasian pabrik tersebut.

“Tadi saya sudah diangkat menjadi anak adat, hal yang saya lakukan pertama-tama adalah mendukung agar pabrik sagu ini bisa segera beroperasi,” terangnya.

Kata dia, apabila pabrik sagu tersebut dapat beroperasi, tentunya sangat membantu masyarakat di Kampung Keakwa dan sekitarnya.

“Saya akan dukung 100 persen agar pabrik sagu ini bisa beroperasi. Sepulang dari sini kami akan mengurus semua hal-hal yang mendukung pengoperasian pabrik sagu ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan yang turut memantau lokasi pabrik sagu tersebut menyebutkan, pihaknya mendukung penuh agar pabrik sagu tersebut dapat beroperasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *