oleh

Pengumuman Kelulusan SMP Serentak 5 Juni

TIMIKA – Pengumuman kelulusan satuan pendidikan tingkat SMP akan dilakukan secara serentak, Jumat (5/6) di seluruh Indonesia, termasuk di 58 SMP yang ada di Kabupaten Mimika, baik secara online maupun langsung dilakukan di sekolah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Sekolah yang akan melakukan pengumuman secara langsung di sekolah diminta untuk mengumumkan kelulusan dengan membagikan amplop kelulusan, bukan dengan menempelkan hasil kelulusan pada mading agar siswa tidak berdesak-desakan.

“Bisa juga dilakukan di sekolah tapi harus tetap menjaga jarak. Kasih amplop dan langsung pulang. Kami sudah sarankan kepada masing-masing sekolah bahwa tidak boleh mengumpulkan siswa dan tetap mengikuti protokol kesehatan,” kata Ketua Panitia Ujian SMP dan SD Kabupaten Mimika, Manto Giting saat dihubungi Radar Timika, Senin (1/6).

Adapun kriteria kelulusannya, yakni bahwa peserta yang dapat dinyatakan lulus harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, terdaftar pada Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan nilai untuk penentu kelulusan ditentukan berdasarkan rata-rata nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

“Memang kelulusan tahun ini dikembalikan ke sekolah masing-masing, tetapi sekolah tetap harus memperhatikan hal-hal yang ada ini karena sudah tidak ada Ujian Nasional, tetapi kriteria kelulusan tetap ada. Jadi siswa yang tidak pernah masuk sekolah dan tidak terdaftar DNT dan tidak pernah mengerjakan tugas serta terlibat kasus hukum tidak bisa diluluskan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, jika siswa tidak terdaftar pada DNT maka untuk pengurusan ijazahnya tidak bisa dilakukan. Karena data DNT sudah ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sehingga jika ada siswa yang tidak terdaftar DNT namun tetap diluluskan maka akan terkendala pada pengurusan ijazah.

“Soal nilai mungkin bisa kita pertimbangkan, tetapi DNT memang tidak bisa karena sebelumnya kami selalu tekankan agar sekolah update data DNT. Jadi kalau siswa tidak terdaftar DNT, tidak bisa diluluskan,” tegasnya.

Sebelum pengumuman dilakukan, sekolah diminta mengirimkan SK Hasil Rapat Dewan Guru ke Dinas Pendidikan terlebih dulu, kemudian dilaporkan ke Bupati Mimika untuk mendapat persetujuan.

“Besok tanggal 3 ini kami rekap semua, kami akan sampaikan ke ibu Kadis untuk disampaikan ke pak Bupati untuk umumkan secara resmi,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *