oleh

MUI Tunggu Instruksi Pemda Soal Pembukaan Rumah Ibadah

TIMIKA – Ketua MUI Kabupaten Mimika, HM Amin AR SAg menegaskan pihaknya masih menunggu instruksi dari Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH mengenai pembukaan rumah ibadah, khususnya masjid. Walaupun ia mengakui, telah ada edaran yang diterbitkan oleh Kementerian Agama mengenai pembukaan rumah ibadah dengan menetapkan standar protokol pencegahan Covid-19.

Ustadz Amin, Sabtu (30/5) lalu menjelaskan, instruksi Bupati Mimika Eltinus Omaleng jika nantinya diterbitkan akan menjadi angin segar bagi umat muslim. Hal itu karena masyarakat muslim di Mimika sudah sangat merindukan salat secara berjamaah.

“Masyarakat sampai sekarang masih beribadah di rumah masing-masing. Karena ya itu, edaran Bupati soal pembukaan rumah ibadah sampai sekarang belum ada,” ujarnya.

Ustadz Amin menyebut, walaupun Mentri Agama RI sudah mengeluarkan edaran, namun ia tetap berharap agar seluruh umat Islam  tetap taat dan patuh pada aturan yang dikeluarkan Bupati Mimika.

Di sisi lain, Ustadz Amin tidak menampik adanya sebagian masyarakat muslim mulai menggelar ibadah di masjid. “Tapi jumlahnya terbatas sekali. Itupun anak-anak tidak dibawa serta. Yang sakit juga tidak diperbolehkan beribadah,” ungkapnya.

Meskipun demikian ia berharap jika ada rumah ibadah yang mulai menjalankan aktivitas agar memerhatikan standar protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19. “Mau sekecil apapun jumlahnya, kita berharap itu diperhatikan biar tidak ada kasus baru lagi di Timika ini,” katanya.

“Tapi saya berharap agar ada instruksi Bupati Omaleng supaya rumah ibadah mulai dibuka dengan standar normal baru. Kami pasti akan setuju dengan itu dan menginstruksikan agar masjid-masjid yang ada agar memberlakukan aturan,” tutupnya. (dcx/ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *