oleh

Harga Cabai Melambung Hingga Rp 130 Ribu

TIMIKA – Setelah sempat bertahan pada harga normal Rp 70 hingga Rp 85 ribu pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, harga cabai kini naik drastis mencapai Rp 110 ribu hingga Rp 130 ribu perkilogram. Hal ini sudah mulai terjadi sejak 3 hari yang lalu.

Menurut pengakuan para pedagang yang ditemui Radar Timika, Senin (8/6), kenaikan harga ini disebabkan karena cuaca yang tidak menentu yang mengakibatkan panen petani ikut berkurang, ditambah situasi Covid-19.

“Harga Rp 110 ribu itu kiriman. Yang Rp 130 ribu itu lokal. Karena saya juga adalah petani jadi saya tahu kenapa harga naik. Kita kan diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, jadi waktu di kebun juga tidak banyak untuk mengurusi tanaman, jadinya hasilnya tidak seperti dulu. Belum lagi musim yang tidak menentu sekarang,” kata Satria.

Harga ini akan perlahan turun jika cabai kiriman yang masuk lancar dengan harga penawaran yang juga bersahabat. Namun jika sebaliknya, maka harga cabai diprediksi akan terus melambung. Pasalnya di luar Pasar Sentral ada pedagang yang menjualnya dengan harga Rp 140 ribu per kilonya.

“Yang banyak itu adalah cabai kiriman. Lokal hanya sedikit karena memang petani tidak begitu banyak yang menanam cabe karena kadang hasilnya jelek. Jadi selama ini yang banyak kita jual itu kiriman dari Makassar,” tutur Mail yang juga seorang pedagang.

Namun selain cabai, tomat juga mengalami peningkatan harga yang sebelumnya hanya Rp 25-30 ribu kini Rp 40-45 ribu per kilonya. Kenaikan ini bukan baru terjadi 3 hari yang lalu, namun sudah hampir 2 minggu karena kiriman yang masuk sedikit dan juga karena harga pengambilannya naik yakni Rp 20-30 ribu.

“Kita ambil dari agen juga mahal, jadi masa kita mau jual dengan harga yang sama. Kan kita juga butuh keuntungan, belum lagi pendapatan kita setiap hari hanya berapa dan itu hanya bisa untuk putar modal saja,” ungkap Mail.

Sementara untuk harga bawang merah masih tetap Rp 75-80 ribu, bawang putih Rp 45-50 ribu, jahe Rp 80 ribu, kunyit Rp 35 ribu, buncis Rp 30 ribu, kol Ro 15 ribu dan sayur Rp 5 ribu per ikat.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *