oleh

Pempus dan Pemprov Diharap Dukung Penanganan Covid-19 dengan Otsus

TIMIKA – Pemerintah Pusat (Pempus) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua diminta untuk menurunkan kebijakan terkait penganggaran yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Mimika.

Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng, Senin (8/6) di ruang kerjanya mengatakan, untuk penanganan Covid-19 di Timika, Pemda Kabupaten Mimika telah mengucurkan anggaran yang tidak main-main.

Namun, karena pandemi ini belum bisa dipastikan akan berakhir dalam waktu dekat, tentu saja pemerintah daerah harus didukung dengan tambahan anggaran untuk memaksimalkan fungsinya pada penanganan wabah ataupun pemberian dukungan bantuan kemanusiaan untuk masyarakatnya yang terdampak Covid-19.

“Yang harus diperhatikan serius adalah dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Papua. Sebenarnya di situasi pandemi Covid-19, anggaran Otsus untuk daerah-daerah di Papua harus direalisasikan. Dan Pemerintah Pusat harus serius perhatikan hal ini,” ujar Robby.

Untuk penanganan Covid-19 di daerah yang sudah berzona merah memang diakuinya akan membutuhkan anggaran yang besar. Dengan wabah ini, tentu saja kebutuhan masyarakat sangat tinggi, namun tidak diimbangi dengan pendapatan yang maksimal.

“Bagaimana ini harus diimbangi dengan anggaran yang besar, paling tidak secepatnya untuk realisasi anggaran-anggaran itu agar penanganan dampak Covid-19 di Kabupaten Mimika yang mempunyai jumlah kasus positif ke dua terbesar se-Papua bisa berjalan lebih maksimal lagi,” papar Robby.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *