oleh

Pengumuman Kelulusan SD Dijadwalkan Senin

TIMIKA – Pengumuman kelulusan satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dijadwalkan akan dilakukan pada Senin (15/6) secara serentak di seluruh Indonesia. Meski Ujian Nasional (UN) yang selama ini dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kelulusan siswa tidak ditiadakan karena terhalang pandemi Covid-19, tetapi pemerintah melalui Dinas Pendidikan tetap menetapkan kriteria kelulusan, dimana siswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap minimal baik, terdaftar pada Daftar Nominasi Tetap (DNT) UN atau US tahun pelajaran 2019/2020. Serta menggunakan nilai lima semester terakhir, yakni mulai kelas 4, 5 dan kelas 6 semester gasal.

“Nilai semester genap kelas 6 itu digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan, karena kan sebelum pandemi Covid-19 masih sekolah dari Januari sampai Maret, dan juga guru tetap memberi tugas kepada siswa meski pun melalui online. Penilaiannya sama saja dengan SMP kemarin,” kata Ketua Panitia Ujian Kabupaten Mimika, Manto Ginting saat dihubungi Radar Timika, Jumat (12/6).

Ia mengatakan dari kriteria kelulusan yang ditetapkan, DNT dan nilai sikap menjadi kriteria utama kelulusan tahun ini. Pasalnya menurutnya, jika siswa tidak terdaftar DNT namun diluluskan maka akan terkendala pada pengurusan ijazah. Sementara untuk nilai sikap juga harus diperhatikan dan yang mengetahuinya adalah pihak sekolah, sehingga penentu kelulusannya pun dikembalikan ke sekolah dengan tetap memperhatikan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Ada siswa yang memang memiliki sikap yang sudah tidak bisa ditolerir, maka itu tidak akan lulus. Guru yang tahu karena mereka yang mengajar. Pengumumannya ada yang manual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan ada yang online juga tergantung sekolah saja. Kita berharap 100 persen (lulus),” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *