oleh

130 Siswa Ikut Tes Masuk Kelas Trakindo SMK Negeri 1 Mimika

TIMIKA – 130 siswa yang telah dinyatakan lulus SMP dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Mimika, mengikuti tes tertulis masuk Kelas Trakindo kompetensi keahlian Alat Berat SMK Negeri 1 Mimika, yang diselenggarakan di SMA Negeri 4, Senin (15/6). Untuk masuk kelas ini, siswa akan mengikuti beberapa tes yakni psikotes, tincan dan wawancara. Pasalnya siswa yang akan diterima untuk masuk kelas ini hanya 24 siswa saja.

Sebelum masuk kelas, guru memeriksa suhu tubuh siswa terlebih dahulu, dan selanjutnya siswa diarahkan untuk mencuci tangan serta tetap menjaga jarak, dimana dalam satu kelas hanya diisi 8 siswa saja. Semua siswa yang ikut tes pun diwajibkan untuk menggunakan masker, termasuk para pengawas dan juga orang tua yang datang mengantarnya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Mimika, Selsius E Aron menjelaskan kelas ini sangat diminati siswa karena kurikulum yang digunakan pada kelas ini pun adalah kurikulum industry, dimana ada beberapa kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh anak berdasarkan kebutuhan perusahaan Trakindo itu sendiri, namun tetap dipadukan dengan kurikulum nasional.

Lulusan kelas ini pun nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk masuk pada universitas atau perguruan tinggi yang memiliki kerjasama dengan PT Trakindo serta mahasiswa yang berprestasi pun akan berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan jika lulus pun juga akan diberikan kesempatan untuk masuk pada perusahaan PT Trakindo, baik  yang ada di Mimika maupun yang ada di Kalimantan.

“Sejak dulu kompetensi keahlian ini dan termasuk kelas khusus ini sangat diminati oleh siswa, karena memang selain kami guru-guru SMK 1 Mimika yang turun langsung mengajar mereka, juga sering ada guru tamu dari Trakindo itu sendiri dan nantinya pun siswa ini berkesempatan untuk magang di Trakindo,” jelasnya.

Ia menjelaskan, siswa yang dinyatakan lulus masuk kelas khusus ini adalah siswa yang memang memiliki nilai terbaik berdasarkan hasil jawaban yang diberikan baik pada tes tertulis maupun pada beberapa tes berikutnya.  Ia berpesan siapapun yang lulus harus bisa belajar dengan baik untuk bisa menjadi yang terbaik. Dan untuk siswa yang belum lulus diminta untuk tidak patah semangat, serta harus tetap rajin belajar keahlian mana pun nantinya.

“Tuhan tahu yang terbaik untuk kita, kalau belum lulus berarti mungkin ada rencana Tuhan dibalik itu dan yang lulus kalian harus menjaga itu dengan baik, karena kalian dipilih dari sekian banyak siswa yang mendaftar,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *