oleh

Disperindag Tetap Lakukan Pengawasan Bahan Pangan Secara Berkala

TIMIKA- Dalam rangka mengantisipasi peredaran bahan pangan yang sudah tidak layak dikonsumsi seperti kedaluwarsa, rusak dan mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terus melakukan pengawasan secara berkala. Hal ini diungkapkan Sekretaris Disperindag, Inosensius Yoga Pribadi kepada Radar Timika, Selasa (16/6).

Namun dalam melakukan kegiatan ini pun, tetap disesuaikan dengan pembiayaan sehingga tidak setiap bulan dilakukan.

Ia mengatakan, ketika ada bahan pangan yang ditemukan sudah tidak layak untuk dikonsumsi maka akan langsung disita. Ada yang langsung dimusnahkan di tempat jika itu dalam jumlah yang sedikit. Dan juga ada yang dibawa ke tempat peyimpanan barang sitaan di Disperindag, untuk kemudian dimusnahkan secara bersama-sama dengan semua hasil sitaan yang dikumpulkan dari berbagai tempat.

“Kitakan juga baru-baru lakukan. Kita datangi toko-toko, banyak yang kita sita juga, kita beri peringatan kepada pemilik toko untuk tidak mengulangi hal itu. Dan kebanyakan di antara mereka, ada yang tidak tahu kalau itu sudah rusak atau sudah kedaluwarsa, karena tidak periksa barangnya. Seharusnya itu mereka periksa,” katanya.

Ia pun meminta kerjasama dari masyarakat, untuk melaporkan jika menemukan bahan pangan yang sudah tidak layak konsumsi. Namun masih tetap dijual, agar pelaku usaha tersebut diberi peringatan atau diberi sanksi lainnya berdasarkan hukum yang berlaku, jika ketahuan sengaja menjual barang-barang tersebut. (ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *