oleh

Kantor Pos Mulai Menerima Pengiriman Paket

TIMIKA – PT Pos Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk membuka penerimaan kiriman paket masuk ke wilayah yang membatasi penerbangan seperti Mimika menggunakan kapal. Tetapi kebijakan ini kata Kepala Kantor Pos Timika, Ronal Luarmasse saat ditemui Radar Timika, Jumat (19/6) sangat sulit diterapkan di Mimika, karena perjalanan bisa sampai satu minggu lebih.

Namun khusus untuk keluar Timika, Kantor Pos Timika sudah membuka layanan pengiriman paket menggunakan pesawat. Hanya saja dengan tingkat berat kiriman minimal 3 kilogram (Kg). sehingga ketika paket yang kurang dari 3 kilogram, akan ditawarkan untuk menaikkan tingkat berat kiriman ke 3 kilogram, karena jika tidak maka kiriman tersebut tidak akan dikirim.

“Kalau misalnya kirimnya dokumen dan beratnya hanya 10 gram saja, maka kita akan tawarkan mau kah tidak kita naikkan, soalnya kalau kita entri 1 kilo tarifnya tidak akan keluar, kecuali 3 kilo tarifnya keluar. Cuma artinya mereka rugi karena kirimnya hanya 10 gram atau 1 kilo, harus entri 3 kilo,” jelasnya.

Ia mengatakan kebijakan maksimal 3 kilo diputuskan karena jadwal penerbangan di Kabupaten Mimika belum normal, hanya 2 kali dalam satu minggu. Tetapi jika semua sudah normal, maka layanan pengiriman akan kembali seperti semula.

Adapun maskapai penerbangan yang digunakan Kantor Pos untuk mengirim paket adalah Garuda Indoesia untuk wilayah yang ada di luar Papua dan untuk wilayah di Papua seperti Jayapura dan beberapa wilayah lainnya adalah maskapai Trigana Air.

“Karena kalau kita gunakan Garuda untuk ke Jayapura harus ke Makassar dulu baru ke Jayapura. Nah kalau Trigana kan langsung,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *