oleh

Pemilik Pangkalan Mitan Harus Jual Sesuai HET

TIMIKA – Ketua Komisi B DPRD Mimika Rizal Pata’dan mewanti-wanti agar para pemilik Pangkalan Minyak Tanah (Mitan) agar melakukan penjualan dengan jujur, sehingga tidak menyusahkan warga ekonomi lemah.

Para pemilik pangkalan Mitan diminta tetap menjual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 5000 per liternya sesuai aturan pemerintah.

Hal itu diungkapkan Rizal, Jumat (19/6). Menurutnya, 28 pangkalan Mitan yang izin operasionalnya akan diaktifkan kembali, agar meninggalkan cara-cara lama yang ingin meraup keuntungan lebih dengan mempraktekkan penjualan ilegal melalui penadah.

“Saya berharap para pemilik pangkalan Mitan ini bisa menjual sesuai harga yang ditetapkan yakni 5000 rupiah per liternya, jangan dinaikkan harganya, karena kalau didapati seperti itu, maka tidak segan, pemilik dapat diberikan sanksi dan diproses hukum,” jelas Rizal.

Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan optimismenya bahwa setelah Rapat Dengar Pendapat dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mimika dan para pemilik pangkalan bersangkutan, semua pihak meniatkan perubahan kepada hal yang lebih baik.

Lagi kata Rizal, DPRD Komisi B dan Disperindag telah mengantongi modus operandi tindak penyelewengan, sehingga para pemilik pangkalan diwanti agar berjualan dengan jujur.

Menurutnya, mayoritas 28 pangkalan yang dimilik para putra daerah itu berperan penting pada stabilnya pasokan minyak tanah, sehingga harga eceran minyak tanah tidak meroket menyusahkan warga ekonomi lemah.

Ia juga mengapresiasi Disperindag atas komitmennya dalam memulihkan perizinan yang telah terkatung-katung selama 7 bulan terakhir itu.

Kedepan, baik DPRD maupun Disperindag akan melakukan pengawasan operasional para pangkalan itu, dan berjanji akan mencabut kembali izin bila ada praktek yang menyalahi aturan pemerintah.

“Hal ini sebagaimana salah satu poin hasil RDP Komisi B DPRD Mimika, maka kita harus patuhi bersama,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *