oleh

Hari Pertama Adaptasi, Ada 8 Kasus Baru Covid-19

TIMIKA – Adaptasi hidup baru atau new normal mulai diterapkan di Kabupaten Mimika setelah adanya kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Pada hari pertama new normal Jumat (19/6), langsung disambut dengan adanya penambahan 8 kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan real time PCR. Tapi di hari yang sama pula ada 8 pasien yang selesai menjalani masa perawatan dan dinyatakan sembuh.

Dari data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, hingga pukul 19.00 WIT kemarin, ada tambahan 8 kasus baru, 5 diantaranya dari RS Tembagapura dan 3 kasus dari Distrik Mimika Baru.

Ada juga 8 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian kumulatif kasus positif Covid-19 di Mimika berjumlah 361 kasus. 238 pasien sudah sembuh dan tersisa 117 pasien yang masih aktif menjalani perawatan dan pemantauan.

Bertambahnya angka kesembuhan ini berdampak pada perubahan status wilayah. Sejumlah kelurahan dan kampung yang tadinya masuk dalam zona merah kini berubah jadi kuning. Begitu juga yang sempat masuk zona kuning sudah kembali jadi zona hijau.

Belum ada keterangan atau penjelasan detail dari Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19, Reynold Ubra terkait situasi Covid-19 di Mimika. Namun dari wawancara beberapa hari sebelumnya melalui video conference, Reynold menyatakan secara keseluruhan pandemi Covid-19 di Mimika belum mencapai puncak.

Situasi pandemi Covid-19 di Mimika kata Reynold akan bisa terbaca dalam dua pekan kedepan, apalagi dengan dioperasikannya mesin PCR di RSUD Mimika yang bisa menghasilkan pemeriksaan dalam 24 jam. Tidak seperti beberapa bulan terakhir dimana sebagian spesimen masih dirujuk ke Jayapura dan membutuhkan waktu lama. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *