oleh

Kampung Mandiri Jaya Salurkan BLT

TIMIKA – Kampung Mandiri Jaya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 223 Kepala Keluarga (KK) di kampung tersebut. Selain BLT, pemerintah kampung juga turut menyalurkan bantuan Bahan Makanan (Bama) kepada masyarakat, yang akan dilakukan hari ini, Selasa (23/6).

Kepala Kampung Mandiri Jaya, Elias Mirip kepada wartawan usai penyaluran BLT, Senin ( 22/6) mengatakan total KK yang mendapat BLT di Kampung Mandiri Jaya sebanyak 223 KK.

“Kita baru selesai menyalurkan BLT kepada masyarakat di Kampung Mandiri Jaya. Kami pemerintah kampung sangat berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan ini. Bantuan ini sangat luar biasa, sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat di kampung -kampung,” katanya.

Ia menuturkan, jumlah BLT di Kampung Mandiri Jaya mencapai Rp 250 juta, hanya saja pada penyaluran pertama ini baru 15 persen dari jumlah tersebut.

“Dari total dana yang ada untuk BLT pada tahap pertama ini kita salurkan 15 persen dari jumlah seluruh dana. Kami masyarakat Mandiri Jaya mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat yang mana sesuai dengan amanat undang-undang menyalurkan Dana Desa ke kampung-kampung,” ujarnya.

Ia menyebutkan, program tersebut tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat. Artinya dana ini bisa menyelesaikan persoalan yang ada di kampung, khususnya pembangunan kampung.

“Kalau dulu dana dikelola oleh Pemda, tetapi sekarang ini dana itu turun langsung ke kampung –kampung, sehingga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkapnya.

“Dengan adanya Covid-19 ini kami juga cukup merasakan apa itu BLT dari Dana Desa. Jadi kami sebagai warga negara Republik Indonesia menyampaikan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” imbuh dia.

Lanjut dia, pemerintah daerah sebenarnya juga bisa membuat program seperti ini. Artinya dana yang disalurkan kepada pemerintah desa itu berasal dari pendapatan daerah, hanya saja dengan program berbeda.

“Kami harap program dapat dialihkan langsung kepada kampung, pasti warga sangat merasakan pembangunan seperti program Dana Desa ini,” sebutnya.

Ia menyebutkan apabila hal itu bisa dilakukan, pasti akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di kampung.

“Saya sampaikan kepada masyarakat saya agar dapat menggunakan bantuan yang ada ini sesuai dengan keperluan di dalam rumah tangga. Apalagi dengan situasi Covid-19 seperti saat ini,” tukasnya.(itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *