oleh

Ketua DPRD: Perjuangan Melawan Covid Belum Selesai

TIMIKA – Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng mengatakan perjuangan melawan pandemi Covid-19 di Mimika belum usai, kendati pemerintah sudah menetapkan masuk ke era Adaptasi Normal Baru.

Kepada Radar Timika, Jumat (19/6) lalu Robby mengungkapkan, penanggulangan bencana nasional non-alam ini masih memerlukan kucuran anggaran dana  baik dari Provinsi maupun Pusat.

“Pemda masih membutuhan dukungan anggaran baik dari Pemerintah Provinsi Papua maupun pusat, ini untuk pemenuhan kebutuhan penanggulangan virus Corona, walaupun sekarang sudah di era kehidupan baru,” ujarnya.

Lanjut Robby, pemerintah masih memerlukan penganggaran, baik di APDB Perubahan maupun sokongan dana dari Pemprov Papua dan Pemerintah Pusat RI.

Kendati tidak merinci berapa jumlah besaran dana yang dibutuhkan Mimika, Robby mencontohkan, kebutuhan itu di antaranya penambahan SDM tenaga kesehatan atau dokter, kelengkapan sarana dan pra sarana di RSUD Mimika sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, seperti ruang isolasi yang sementara dikerjakan, pengadaan bahan habis pakai medis, APD bagi petugas medis dan lainnya.

Di sisi lain, ia juga mengungkap apresiasi atas maksimalnya kerja sama para stake holder dalam pengendalian pandemi. Capaian yang baik itu perlu didukung ketersediaan dana lagi terutama dari Dana Otsus dan dari ‘keran’ Ibukota Jakarta.

Robby menambahkan, di era Adaptasi New Normal di Mimika ini ia mempersilahkan pengerjaan proyek fisik pemerintah berjalan bila memang ada ketersediaan dana. Namun bila tidak silahkan menunggu di Perubahan APBD ataupun ke tahun anggaran berikutnya.

Menurutnya, sektor ekonomi dan  kesehatan harus berjalan beriringan di Mimika, karena keduanya merupakan sektor vital bagi kehidupan masyarakat. Sektor kesehatan warga tanpa ditunjang segi ekonomi akan miskin, dan sebaliknya sektor ekonomi tanpa adanya kesehatan akan sakit.

Ia berharap ke depan lepas dari masa pandemi ini seluruh warga Mimika dapat selalu hidup sehat dan sejahtera ekonominya sehingga membangun daerah Mimika tercinta. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *