oleh

Penerimaan Siswa Baru Diminta Akomodir Putra-Putri Papua

TIMIKA – Sekolah-sekolah negeri favorit di Kabupaten Mimika diharapkan bisa mengakomodir putra-putri Papua khususnya Mimika, dalam penerimaan siswa baru di Tahun Pelajaran 2020-2021.

Harapan itu disampaikan Anggota Komisi C DPRD Mimika, Yulian Salossa kepada Radar Timika, Selasa (23/6). Dikatakan Yulian, saat ini masih ada saja orang tua yang mengeluhkan jika anak-anak mereka tidak diterima di beberapa sekolah negeri favorit yang ada di dalam Kota Timika.

“Saya berharap tidak ada perbedaan, kita prioritaskan anak Kamoro dan Amungme, anak-anak tujuh suku prioritas kedua dan Papua lainnya. Jangan ada perbedaan (penerimaan siswa baru), karena masih banyak orang tua yang datang mengeluh,” ujar Yulian.

Dikatakan, pada penerimaan siswa baru di salah satu SMA Negeri yang cukup menjadi favorit di Kota Timika, ada banyak anak-anak Papua yang tidak diterima sebagai siswa baru. Untuk itulah, Yulian berharap agar sekolah tersebut tetap fleksibel.

Anak-anak dari Sabang sampai Merauke ini sebutnya, mempunyai hak yang sama dalam pendidikan. Namun, yang harus diperhatikan adalah tetap memprioritaskan anak-anak Kamoro dan Amungme serta Papua lainnya. Selain anak-anak Papua, anak-anak kelahiran Timika yang sudah menetap di kota ini juga kata Yulian, mempunyai hak untuk diakomodir menjadi siswa baru di sekolah negeri.

“Ini harus diperhatikan dengan baik, sehingga kalau jumlah yang ditetapkan oleh sekolah misal 200 orang, maka anak-anak Kamoro dan Amungme, lahir dan besar di Papua harus diprioritaskan,” jelas Yulian.

Ditambahkannya, beberapa sekolah favorit seperti SMP Negeri 2, SMA Negeri 1 maupun sekolah unggulan lainya tetap diharapkan memprioritaskan anak-anak Papua untuk bergabung menjadi bagian dari sekolah ini.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *