oleh

105 Spesimen Diperiksa, Hanya Satu Positif Covid-19

TIMIKA – Beroperasinya dua laboratorium PCR di Mimika baik di Klinik Kuala Kencana dan RSUD Mimika mendorong tingginya pemeriksaan. Dalam sehari tak kurang dari 100 spesimen yang diperiksa dan hasilnya pun cukup menggemberikan.

Seperti yang dilaporkan Selasa (23/6) kemarin dari 105 spesimen yang diperiksa di laboratorium hanya satu atau 0,9 persen yang dinyatakan positif Covid-19. Sebanyak spesimen diperiksa di laboratorium PCR RSUD Mimika dan 35 spesimen dari Klinik Kuala Kencana. Hingga kini, jumlah spesimen yang telah diperiksa mencapai 3.167 spesimen. Sebanyak 367 spesimen atau 11,58 persen positif dan 2.800 spesimen atau 88,41 persen dinyatakan negatif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, Reynold Ubra kepada wartawan Selasa (23/6) kemarin mengatakan dengan penambahan kasus ini maka secara kumulatif kasus Covid-19 terkonfirmasi real time PCR di Mimika meningkat dari 366 menjadi 367 kasus.

Lanjut Reynold, sejak tanggal 1-23 Juni 2020 jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 95 kasus atau hampir dua kali lebih rendah jika dibandingkan dengan penemuan kasus pada bulan Mei 2020 yaitu 174 kasus. “Dengan kata lain secara keseluruhan kasus Covid-19 sejak bulan Mei hingga 23 Juni 2020 berjumlah 269 kasus dengan persentase kasus di bulan Mei mencapai 64,68 persen turun menjadi 31,35 persen,” terangnya.

Selain adanya penambahan kasus positif, dilapokan juga adanya 4 orang pasien Covid-19 yang sembuh. Tiga diantaranya dari RS Tembagapura dan satu orang dari RS Mitra Masyarakat. Sehingga kumulatif pasien sembuh mencapai 269 orang atau 73,30 persen.

Berbanding terbalik dengan penambahan kasus baru, diungkapkan Reynold pada bulan Juni 2020 jumlah angka kesembuhan pasien Covid-19 dua kali lebih tinggi dibandingkan pada bulan Mei lalu yaitu dari 80 orang meningkat menjadi 175 orang. Jumlah pasien yang saat ini masih diisolasi tersisa 92 orang atau 25,07 persen. Di RSUD Mimika ada 45 pasien, RS Tembagapura turun jadi 46 orang dan RSMM tersisa satu orang pasien.

Meski penambahan kasus kian menurun namun Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 terus mengimbau masyarakat Mimika untuk tidak lengah dan jangan cepat puas. “Kita masih berada di situasi wabah. Karenanya kami minta kerjasama seluruh masyarakat untuk tetap membantu Gugus Tugas dalam pengendalian Covid-19 ini secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu rajin mencuci tangan,” terang Reynold.

Tim juga mengimbau para pemilik pusat perbelanjaan, rertoran, hotel, salon kecantikan, pusat kebugaran, tempat pangkas rambut, tempat rekreasi dan tempat ibadah agar dapat membentuk kelompok kerja guna membantu gugus tugas dalam pelaksanaan protokol kesehatan pada masa adaptasi menuju new normal.

Pokja ini yang bertugas menyusun, melaksanakan dan memantau serta menilai pelaksanaan protokol kesehatan sekaligus memberi informasi kepada gugus tugas saat pemantauan di lapangan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *