oleh

Awasi Anggaran Covid, Polres Klarifikasi Tujuh Pimpinan OPD

TIMIKA – Kepolisan Resor Mimika terus melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Mimika yang nilainya mencapai Rp 200 miliar. Sebagai langkah pengawasan itu, Polres Mimika bahkan sudah memanggil sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Mimika.

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP M Burhanuddin Yusuf Hanafi melalui Kanit III Tipidkor Polres Mimika, Iptu Lexi Mediyanto, Selasa (23/6) kemarin mengatakan, ada tujuh OPD yang diundang untuk melakukan klarifikasi penggunaan anggaran. Sebab, ketujuh OPD tersebut menggunakan anggaran yang cukup besar dalam penanganan Covid 19.

Ketujuh OPD tersebut antara lain RSUD Mimika, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian.

“Sudah kami undang para kepala OPD yang bersangkutan. Dari keterangan yang ada sementara, anggaran masih dalam penggunaan,” ujarnya.

Namun, ditegaskannya bahwa pemanggilan itu hanya untuk proses klarifikasi, bukan untuk penyelidikan, apalagi pemeriksaan. Sebab, penanganan Covid-19 juga masih dilakukan. “Pemeriksaan baru mungkin dilakukan jika kondisi pandemi dinyatakan selesai,” katanya.

Sebelumnya, pada Senin (22/6) malam lalu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan, kepolisian sudah sejak lama membentuk pengawasan realokasi dana anggaran penanganan Covid-19. Sehingga pihaknya juga menginstruksikan kepada jajaran agar melakukan pengawasan maksimal terhadap penggunaan anggaran penanganan Covid. “Sudah ada atensi agar jangan sampai terjadi penyelewengan,” ungkapnya.

“Tapi sampai kini kita belum temukan,” tutup Kapolda. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *