oleh

Distanbun Segera Realisasikan Belanja Online Produk Pertanian

TIMIKA – Pemda Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanbun) akan segera merealisasikan kerja sama dengan pihak penyedia jasa layanan transportasi online Mimika Ojek (Mijek) untuk program belanja online produk pertanian.

Sebelum merealisasikan kerja sama ini, diselenggarakan agenda sosialisasi pendampingan dan bimbingan teknis penggunaan aplikasi ojek online (Mijek) untuk belanja online produk pertanian Kabupaten Mimika, Senin (29/6) di ruang rapat Distanbun.

Kadistanbun, Ir Yohana Paliling, MSi mengatakan kerja sama dengan pihak Mijek ini dilaksanakan untuk mengakomodir hasil produk lokal pertanian yang ada di Kabupaten Mimika.

“Jadi nanti akan dibuka space sendiri untuk penjualan produk lokal unggulan seperti petatas, keladi, pisang, sagu bahkan untuk hasil olahan bahan pangan lokal, kami akan bekerja sama dengan UKM yang ada, pun dengan Dinas Koperasi,” ujar Yohana.

Untuk peserta atau pelaku usaha yang akan terdaftar dalam program ini sebanyak 13. Para pelaku usaha ini kata Yohana, tersebar mulai dari wilayah SP 1, SP 2, SP 3 dan dalam Kota Timika.

Progam kerja sama ini lanjut Yohana, sangat baik dengan membuat Timika semakin pintar melalui program smart city. Dimana, program ini adalah merupakan satu langkah konkrit agar mempermudah dan sekaligus mempromosikan hasil produk unggulan para petani.

“Jadi bukan hanya petani lokal, tapi kios-kios sayur, tapi di situ juga nanti muncul hasil petani panen di mana, berapa harganya nanti kami tawarkan di grup kami, nanti mereka akan memilih, kita ada di sini untuk membantu hasil tani yang ada di sini,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT Mijek Transport Indo, Mustofa mengatakan program kerja sama ini awalnya adalah untuk membantu para pelaku UKM yang pemasarannya terdampak Covid-19. Namun, setelah dikoordinasikan dengan Distanbun, maka program ini bisa dilakukan juga kepada para pelaku UKM yang berada dibawah naungan dinas ini.

Mijek sebutnya akan membantu perluasan wilayah pemasaran melalui online. Selain itu, Mijek juga akan membantu mempromosikan dan advertising dari seluruh UKM yang tergabung serta penyediaan kurir. Penyediaan kurir ini kata Mustofa, direncanakan akan free ongkir atau bebas ongkir terhadap setiap transaksi yang tergabung dalam UKM binaan Distanbun.

Hal yang sama juga akan diterima oleh pelaku UKM, yakni bebas biaya administrasi. Dalam setiap transaksi sebenarnya Mijek membebankan biaya sebesar 4 persen untuk setiap mitra.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *