oleh

BPS Perlu Sinkronkan Data dengan Dinsos

TIMIKA – Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika harus melakukan sinkroninasi semua data masyarakat penerima bantuan dengan Dinas Sosial (Dinsos). Sinkronisasi data ini perlu dilakukan, agar penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) tepat sasaran.

Dengan mensinkronkan data pada ke dua lembaga ini, maka penerima bantuan adalah benar-benar warga miskin yang berhak mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten Mimika.

Hal itu diungkapkan  Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika, Marthinus Walilo kepada Radar Timika, Selasa (30/6). Menurutnya, BPS memang harus melakukan sinkronisasi data dengan Dinsos agar permasalahan selama ini yang terjadi, yakni ketidakjelasan serta masih semrawutnya penerima bantuan pemerintah, perlahan-lahan bisa diperbaiki.

“Kami minta  Dinas Sosial dan BPS harus sinkronkan persoalan data, selama ini sudah terjadi tumpang tindih data, penerima bantuan di Mimika,”ujar Martinus.

Dikatakan, hal ini harus dilakukan agar tidak ada lagi permasalahan dalam penyaluran bantuan sosial dan penyalurannyapun tepat sasaran. Dalam hal ini, yang menerima Bansos adalah warga yang benar-benar tidak mempunyai penghasilan ataupun warga miskin.

BPS dan Dinsos sebutnya harus membenahi masalah yang sudah berlarut-larut. Sebut Martinus, selama ini penyaluran Bantuan Tunai Sosial (BTS) menuai protes dari masyarakat.

Disebutkan, berdasarkan laporan dari masyarakat, masih ada yang menerima dan tidak menerima BTS padahal mereka adalah golongan orang miskin.  Untuk persoalan ini, seharusnya melibatkan banyak pihak dan perlu keseriusan.

Melihat masalah ini jelas Martinus, Komisi C sedang mewacanakan pembentukan tim khusus penanggulangan kemiskinan. Namun, bentuk tim ini hanya sebatas diskusi dan akan dibahas dan dikoordiniasikan ke tingkat lanjutan dan melibatkan pemerintah serta lembaga lainnya.

Sementara itu, Kepala BPS Mimika, Trisno Leonarson Tamanampo mengatakan pihaknya akan berupaya untuk bisa memperbaiki data, khususnya yang terkait dengan data sektoral yang menampilkan by name by addres dan membuat kriteria yang ada.

Untuk sinkronisasi data penduduk khusus dalam persoalan penerimaan bantuan, harus ada pertemuan antar tim penanggulangan kemiskinan dan dikoordinir oleh Pemkab Mimika.

“Kami siap melakukan perbaikan data untuk kepentingan masyarakat, dan kami juga menunggu koordinasi bersama Pemda,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *