oleh

Letkol Edy Widyanto Jabat Danbrigif 20

Gantikan Kolonel Inf Charles B P Sagala

TIMIKA – Tongkat Komando Brigif 20 IJK/3 Kostrad resmi berpindah dari Kolonel Inf Charles B P Sagala kepada Letkol Inf Edy Widyanto, SSos dalam pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dilaksanakan di aula Markas Divisi Infanteri 3 Kostrad di Pakatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/6) lalu.

Dalam rilis resmi Brigif 20 IJK/3 Kostrad kepada Radar Timika, Senin (29/6) kemarin, pelaksanaan sertijab diawali dengan pengucapan sumpah jabatan oleh pejabat baru Komandan Brigif 20 IJK/3 Kostrad, Letkol Inf Edy Widyanto. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tunggul Brigif 20/3 Kostrad dari pejabat lama kepada Pangdivif 3 Kostrad, yang kemudian diserahkan kembali kepada pejabat baru.

Salam Komando mantan Danbrigif 20/3 Kostrad, Kolonel Inf Charles B P Sagala (kiri) dengan pejabat Danbrigif yang baru, Letkol Inf Edy Widyanto, SSos usai sertijab.

Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas, dan naskah berita acara serah terima jabatan antara pejabat lama dengan pejabat baru dan pelepasan tanda jabatan serta penyerahan tongkat komando dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, Mayjen TNI Achmad Marzuki yang dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan yang dilaksanakan di dalam institusi TNI AD merupakan hal wajar, karena dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek terutama dalam rangka pembinaan personel, karier, dan kebutuhan organisasi serta sebagai upaya meningkatkan kinerja satuan.

Pada kesempatan serah terima jabatan ini, Panglima Divif 3 Kostrad juga berpesan agar selalu meningkatkan kinerja yang baik, manunggal dengan rakyat serta selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar Tuhan senantiasa menyertai dan melindungi, baik di dalam satuan maupun di daerah operasi.

Kolonel Inf Charles B.P Sagala sendiri mendapat jabatan baru sebagai Kasiops Kasrem 151/Binaya Kodam XVI/Patimura.

Sementara Letkol Edy Widyanto, sebelumnya menjabat sebagai Pabandya-2/Lur Spaban V/Sahlur Spersad, Mabes TNI AD.

Sementara Pasi Pam Simabrig Denma Brigif 20 IJK/3 Kostrad, Kapten Inf Dominggus Kainama kepada wartawan, Senin kemarin mengatakan, Brigif 20 IJK/3 Kostrad pada Senin (29/6) juga telah melaksanakan acara tradisi penerimaan pejabat Danbrigif yang baru, yakni Letkol Inf Edy Widyanto bersama istri.

Dimana tradisi penjemputan pejabat baru Danbrigif 20 IJK/3 Kostrad diawali dengan berlari dan jalan sejauh 7 KM menuju Mako Brigif 20 IJK/3 Kostrad.

Kemudian dilanjutkan acara penerimaan pejabat baru dengan pengalungan bunga dan pemberian hormat jajar dari jaga kesatrian, lalu Danbrigif 20 IJK /3 Kostrad yang baru diarak anggota menuju kedepan kantor Mako Brigif 20 IJK/3 Kostrad, untuk menerima acara Pedang Pora.

Lalu acara dilanjutkan dengan penciuman Dhuaja Brigif 20 IJK/3 Kostrad, dan memakan buah pinang sebagai tanda sudah sah menjadi bagian dari keluarga besar Brigif 20 IJK/3 Kostrad.

“Tradisi ini menjadi ciri khas dalam kehidupan satuan Brigif 20 IJK/3 Kostrad, tujuannya untuk menanamkan jiwa korsa, soliditas dan semangat pengabdian, serta menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan kepada satuan,”ungkap Kapten Dominggus Kainama. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *