oleh

Tegakkan Protokol Kesehatan, Pemda Bakal Buat Perda

TIMIKA – Kebijakan new normal atau tatanan hidup baru kini menjadi pilihan bagi pemerintah meski kasus belum selesai. Penerapan protokol kesehatan pun akan menjadi bagian atau gaya hidup baru yang harus dilakukan selama pandemi Covid-19 terjadi.

Menghadapi itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika akan membuat regulasi dalam bentuk Peraturan Daerah untuk menertibkan masyarakat ataupun badan usaha yang melanggar protokol kesehatan.

Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika terus gencar melakukan sosialisasi dan pengawasan bagi masyarakat baik dalam kota maupun di pinggiran kota. Tentang bagaimana disiplin masyarakat dalam menggunakan masker dan menjaga jarak.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Mimika, Reynold Ubra kepada wartawan melalui video conference, Senin (29/6) kemarin mengatakan protokol kesehatan harus menjadi gaya hidup baru. Terutama masker. “Jangan gunakan masker karena ada pengawasan. Tapi jadikan masker sebagai kebutuhan supaya tetap produktif dan sehat, agar terhindar dari Covid-19,” terangnya.

Merubah perilaku manusia diakui Reynold sangat tidak mudah. Bahkan yang berpendidikan atau berpengetahuan tinggi pun belum tentu disiplin. Sehingga untuk menertibkan adalah dengan sosialisasi dan advokasi, terutama kepada kelompok masyarakat yang menyediakan usaha.

“Bagaimana supaya ini betul-betul diterapkan, regulasi sangat penting. Sangat baik jika ada Perda (Peraturan Daerah) tentang penerapan protokol kesehatan supaya tindakan tegas, untuk mencapai keseragaman instrumen dari Perda sudah sangat menertibkan masyarakat mengendalikan Covid-19,” ujar Reynold.

Ia juga menambahkan mengenai penggunaan alat pelindung diri seperti face shield tidak menjadi masalah. Tapi ia mengingatkan agar pengguna face shield harus berhati-hati dan menjaga jarak apalagi di kerumunan. “Harus hati-hati bukan berarti masker ditinggal,” tandasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *