oleh

Agar Tak Salah Pergaulan, Orangtua Mesti Awasi Anak

TIMIKA – Orang tua diminta mengawasi pergaulan anak. Apalagi di masa pandemic, di mana anak-anak sekolah masih diliburkan. Hal itu untuk mencegah pergaulan yang salah pada anak, dan terjebak dalam hal-hal negatif.

Kapolsek Mimika Baru, Kompol Sarraju, Selasa (30/6) menjelaskan, orangtua patut peduli pada pergaulan anak agar terhindar dari hal negatif. Hal negatif yang dimaksudkannya ialah seperti menghisap lem aibon. “Bahkan ada yang kami dengar pakai bensin,” ujarnya.

Kepedulian orangtua dinilainya penting sebab secara perangkat hukum, anak-anak tersebut tidak dapat ditindak. Kapolsek Kompol Sarraju menyebut, hal itu dikarenakan anak-anak yang menghisap lem aibon adalah korban dari lingkungan yang kurang sehat.

“Jadi hadapannya, orangtua harus betul-betul mau mengawasi anaknya. Terutama dengan pembatasan aktivitas di mana sekolah sementara diliburkan. Itu butuh kerja keras orangtua,” ungkapnya.

Jika selama masa normal di mana anak-anak bersekolah dan pengawasan orangtua dilakukan di rumah saat ini, karena aktivitas anak banyak di rumah maka ia menilai orangtua harus mau peduli.

“Kami masih banyak menemukan kadang-kadang orangtua membiarkan anak-anaknya berkeliaran. Kalau orangtua sudah tidak memberikan contoh yang baik, ya anak akan susah pula mendapatkan hal yang baik,” jelasnya.

“Jangan setelah anak bermasalah, baru orangtua mau peduli. Makanya perlu tanggung jawab. Karena kami polisi yang bekerja juga ada keterbatasannya,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *