oleh

Dukung Kamtibmas, Perlu Adanya Sinergitas Semua Pihak

TIMIKA – Guna menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), diperlukan adanya koordinasi dan sinergitas dari semua elemen masyarakat.

Keamanan sendiri bukan sepenuhnya ada di tangan pihak kepolisian. Namun, masyarakat diharapkan turut terlibat mendukung keamanan mulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi A, Daud Bunga, SH, Selasa (30/6) di Kantor DPRD. Dikatakan Daud,  menyangkut dengan situasi Kamtibmas di Mimika diperlukan adanya koordinasi, dan komunikasi antara semua pihak, mulai dari legislatif, eksekutif, dan yudikatif, tokoh-tokoh masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya adalah masyarakat itu sendiri.

“Untuk menciptakan situasi keamanan di tengah masyarakat, ini adalah peran kita semua, kita harus terus bersama menjalin komunikasi, dan mengedepankan toleransi hingga hidup rukun di tengah perbedaan,” ujarnya.

Dikatakan Daud sinergitas dalam penanganan kamtibmas ini penting, agar tidak muncul ego sektoral. Karena jika ego sektoral itu muncul, maka tidak ada titik temu dalam penanganan suatu permasalahan.

Sebagai ujung tombak dalam penanganan kamtibmas, aparat penegak hukum memerlukan dukungan, baik itu dari pemerintah, DPRD dan masyarakat.

Dijelaskannya, masalah Kamtibmas ini bukan hanya menjadi tanggungjawab dari kepolisian. Namun semua pihak, termasuk semua komponen dan elemen masyarakat Mimika tanpa terkecuali.

“Komisi A DPRD Mimika, siap mendukung langkah dan kebijakan dari Polres Mimika. Karena ini demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif,” imbuh Daud. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *