oleh

Pemda Pasang Thermal Scanner di Bandara

TIMIKA – Dalam beberapa hari kedepan proses pemantauan suhu tubuh para penumpang di Bandara Mozes Kilangin tidak lagi dilakukan secara manual menggunakan thermometer tembak atau thermogun. Pasalanya Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika akan segera memasang thermal scanner.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM ketika ditemui di Hotel Grand Mozza, Selasa (30/6) usai memimpin pertemuan dengan BPK RI mengatakan mobilitas penumpang melalui bandar udara sekarang ini sangat tinggi. Sementara proses pemeriksaan dalam rangka penerapan protokol kesehatan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Agar lebih efektif kata Wabup, akan dipasang thermal scanner yang lebih efektif untuk memantau suhu tubuh para penumpang. Alat ini yang digunakan di bandara besar seperti Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Dimana petugas tidak perlu berdiri menemui setiap penumpang tapi cukup memantau lewat monitor komputer.

Bahkan dikatakan Wabup Rettob, thermal scanner yang dilengkapi CCTV ini juga bisa mendeteksi wajah sehingga bisa terhubung dengan sistem administrasi kependudukan. “Dalam waktu dekat kita bisa pasang thermal CCTV di bandara yang terhubung dengan Disdukcapil. Alatnya sudah didatangkan. Jadi ketika orang lewat cek temperatur melalui CCTV tapi mukanya muncul di sistem dan langsung tersambung dengan Disdukcapil,” terangnya.

Menurutnya ini sangat memudahkan untuk pengawasan. Apalagi setiap orang yang akan masuk ke Timika harus jelas. Bagi yang tidak ber-KTP Mimika harus jelas siapa yang menjadi penjamin. Tidak seperti temuan beberapa hari lalu dimana ada 4 penumpang yang masuk ke Timika tanpa izin kemudian ditelusuri. Namun dipastikan sudah ada pihak yang menjamin tapi tetap dalam pengawasan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *