oleh

Siapkah Mimika Mulai New Normal?

TIMIKA – Hari ini, Kamis (2/7) disebut-sebut merupakan akhir masa tanggap darurat bencana Covid-19 dengan penerapan adaptasi hidup baru. Sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan melakukan evaluasi untuk menentukan apakah Mimika sudah memasuki new normal.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM ketika ditemui di Hotel Grand Mozza, Selasa (30/6) lalu mengatakan perkembangan situasi Covid-19 di Mimika sudah menuju ke arah yang baik sehingga bisa saja new normal mulai diterapkan.

Bagi Wabup dari sisi kebijakan, new normal bisa diterapkan. Justru yang menjadi pertanyaan apakah Mimika terutama masyarakat sudah siap untuk melaksanakan kehidupan baru dengan menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya ada tiga kebiasaan yang wajib dilakukan, yaitu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Pemda Mimika sendiri sudah menyiapkan seperangkat instrumen yang dituangkan dalam sebuah regulasi berupa Peraturan Bupati terkait penerapan protokol kesehatan. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai tupoksinya sudah menyusun petunjuk teknis terkait penerapan protokol kesehatan.

Dari sisi transportasi sudah disusun oleh Dinas Perhubungan. Mengenai kegiatan perekonomian disusun oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai leading sector. Di bidang perhubungan mengenai pengaturan angkutan maksimum penumpang yakni batas 50 persen baik angkutan umum maupun pribadi. Serta angkutan di laut dan udara yang sudah mulai berjalan.

Yang belum dikonsep kata Wabup Rettob adalah mengenai kegiatan yang melibatkan massa. Seperti orang meninggal, pesta pernikahan dan pesta lain, bahkan kegiatan sosial yang melibatkan massa dalam jumlah banyak. “Ini bagaimana sikap kita. Ini yang lagi disiapkan,” terangnya.

Jadi menurut Wabup, ada banyak hal yang harus dipersiapkan dalam memasuki tatanan hidup baru. Bahkan Pemda Mimika sebagai pengambil kebijakan bisa memutuskan new normal tapi tetap ada pembatasan sosial. Misalnya aktivitas yang tadinya dibatasi sampai pukul 19.00 WIT malam bisa dilonggarkan sampai pukul 21.00 WIT atau 22.00 WIT. Asalkan protokol Covid-19 tetap dilakukan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *