oleh

Inspektorat Harus Koordinasi Efektif dengan Komisi B

Jalankan Fungsi Pengawasan

TIMIKA – Komisi B DPRD telah melakukan tatap muka bersama pihak Inspektorat Kabupaten Mimika, dalam agenda Kunjungan Kerja (Kunker), Jumat (3/7). Dalam kunker tersebut, Komisi B berkesempatan melihat sejauh mana langkah-langkah pelaksanaan pengawasan, agar bisa dikorelasikan dengan tupoksi Komisi B, khususnya dalam salah satu fungsinya yakni pengawasan.

Ketua Komisi B, Daud Bunga mengatakan, agar berjalan efektif fungsi pengawasan baik yang dilaksanakan oleh dewan maupun Inspektorat, maka harus dilakukan koordinasi terus menerus.

Dengan regulasi pengawasan yang sama, walaupun Inspektorat lebih teknis sebut Daud, dan pihaknya lebih ke arah pengawasan dari sisi penjabaran dalam Undang-Undang, namun langkah koordinasi kedua belah pihak ini harus terus dilakukan.

“Kita harus terus koordinasikan agar efektif sebagai fungsi pengawasan,” ujar Daud.

Lanjutnya, berdasarkan laporan pihak Inspektorat, telah dilakukan fungsi pengawasan baik pada penggunaan dana desa, penanganan anggaran untuk Covid-19.

Dengan ruang lingkup tugas pengawasan yang cukup besar, Inspektorat sebutnya mengeluhkan jika masih kekurangan tenaga ASN dan belum didukung dengan anggaran yang maksimal. Namun, tupoksi Inspektorat sendiri masih dilakukan dengan maksimal.

“Walaupun anggaran terbatas, mereka laporkan jika tetap bekerja dengan maksimal,” ujar Daud.

Lanjutnya, ke depannya anggaran untuk mendukung kinerja Inspektorat bisa ditambah, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2019. Di mana, Inspektorat seharusnya memperoleh porsi 1 persen dari nilai APBD.

Pihak Inspektorat juga tambah Daud, meminta agar para pegawai mereka dapat terus diikutkan dalam agenda pelatihan dan pendidikan.

“Diklat bagi pegawai ini penting, karena kalau tidak mengikuti, maka mereka tidak memiliki kapasitas yang cukup, untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup memang dibutuhkan pelatihan. Kita dorong ini ke depan agar ditingkatkan,” imbuh Daud. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *