oleh

Simpan Senpi Ilegal Selama 5 Tahun, Jemmy dan Luis Dipenjara 8 Bulan

TIMIKA – Dua orang terdakwa masing-masing bernama Jemmy Walker Ditubun dan Luis Risal Laimeherwa, dijatuhi pidana penjara selama 8 bulan. Keduanya terbukti secara ilegal bersama-sama menyimpan amunisi.

Hal ini dinyatakan Humas Pengadilan Negeri Klas II B Kota Timika, Muhammad Husnul Fauzi, Selasa (7/7). Ia menuturkan, hukuman delapan bulan dijatuhkan kepada keduanya karena senjata tersebut diniatkan untuk dimiliki walaupun pistol itu belum sempat digunakan.

“Dia (Jemmy) simpan rencananya mau diperbaiki dan disimpan. Tidak ada alasan lain. Tidak ada terbukti di persidangan dia gunakan senjata itu,” ujar Husnul Fauzi.

“Kedua terdakwa juga tidak menyampaikan pembelaan dalam sidang yang berjalan,” sambungnya.

Awalnya, Jemmy Walker menemukan sebuah senjata api di Jalan Pattimura Ujung pada 4 Desember 2014, usai membersihkan drainase menggunakan sekop karena kala itu sedang kebanjiran. Saat itu, ia mendapati sebuah plastik yang belakangan diketahui berisikan senjata api jenis pistol.

Sempat membawa pistol pulang dan ditegur istrinya setelah mencoba membersihkan senjata tersebut dari karat, dengan menggunakan minyak tanah dan minyak kelapa, Jemmy kemudian menyimpan senjata tersebut di atas lemari.

Beberapa tahun berselang, tepatnya 25 Oktober 2019, datang Luis ke rumah Jemmy. Luis datang membawa senjata rakitan. Saat itu keduanya terlibat perbincangan, dan Jemmy mengingat lagi pistol yang disimpannya. Ia pun memberikan senjata tersebut kepada Luis dengan niat diperbaiki.

Namun beberapa lama berselang, tidak ada kabar dari Luis kepada Jemmy mengenai diperbaiki atau tidaknya pistol yang ditemukan itu. Hingga keduanya diamankan kepolisian karena dianggap tidak memiliki izin menyimpan senjata api. Keduanya didakwa melanggar Pasal 1 Ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 juncto Pasal 55 Ayat 1 ke satu KUHP. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *