oleh

Urus Izin Usaha di Mimika Lewat ‘Mace Tania’

TIMIKA – Pengurusan perizinan usaha di Kabupaten Mimika semakin dipermudah. Masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) hanya untuk mengurus perizinan, tapi bisa dilakukan secara online melalui layanan Mace Tania atau Mari Cek dan Tanya Izin Anda.

Menurut Kepala DPMPTSP Mimika, Lopianus Fuakubun, layanan ini sangat memudahkan para pelaku usaha, terutama di masa pandemi untuk menghindari pelayanan tatap muka langsung. Selain itu menghindari adanya calo karena layanan perizinan kini tidak dikenakan biaya lagi.

Ditemui Radar Timika di Kantor Pusat Pemerintahan, Rabu (8/7) kemarin, Lopi meminta para pelaku usaha sebaiknya menggunakan layanan Mace Tania yang diakses melalui website resmi DPMPTSP mimikaperizinan.com. Jika sudah mengakses website maka akan muncul menu Mace Tania dan pemohon izin tinggal mengikuti setiap petunjuk.

Semua persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan izin sudah dicantumkan dan tinggal diisi oleh pemohon. Petugas akan memberi respon jika ada dokumen yang masih kurang agar bisa dilengakpi. “Karena itu memang itu untuk pelayanan publik,” ujar Lopianus.

Meski sudah ada layanan online, DPMPTSP juga masih tetap melayani warga yang datang langsung ke kantor. Lopi mengatakan, di masa pandemi ini pengurusan dokumen perizinan tetap jalan, baik itu usaha mikro maupun usaha skala besar. Pelayanan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Lopi juga menyatakan di masa pandemi ini, iklim usaha di Mimika masih terjaga dalam artian tidak sampai menutup kegiatan usaha. “Untuk sementara belum ada yang melaporkan bahwa dengan adanya Covid-19 mereka mengundurkan diri apalagi tutup. Biasanya kalau pelaku usaha tidak mampu biasanya mereka melapor. Sampai saat ini tidak ada yang melapor, kita berdoa semoga jangan ada,” katanya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *