oleh

BNNK: Selain Ganja dan Sabu, Tembakau Sintetis Juga Beredar

TIMIKA – Selain ganja dan sabu, Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling menyebut, ada satu lagi jenis narkotika yang beredar di Timika, yakni Tembakau Sintetis. Jenis ini dipastikan masuk dalam kategori narkotika dan dilarang.

Kompol Mursaling, Jumat (10/7) lalu menyatakan, rata-rata pengguna tembakau sintetis ini ialah para pelajar atau orang di bawah umur 18 tahun. Sehingga, ia berharap seluruh elemen masyarakat untuk hati-hati dan mengantisipasi peredarannya.

Ia mengatakan, beberapa bulan lalu sempat mendapati satu kasus itu di Timika. Di mana saat dilakukan tes cepat, hasilnya negatif. Namun saat dibawa ke laboratorium forensik di Makassar, hasilnya positif.

“Alatnya di sana lengkap jadi terdeteksi. Memang kalau di Rapid Test tidak dapat hasilnya,” katanya.

“Jadi kira-kira kandungannya itu tembakau biasa yang dicampurkan dengan ganja berbahan sintetis, ya jadilah dia tembakau sintetis. Dalam UU dijelaskan tentang bahan sintetis terlarang,” ungkapnya.

Sebelumnya, satu orang berhasil diamankan Polres Mimika melalui Satuan Reserse Narkoba pada 9 Maret. Di mana AGL ditangkap bersama barang bukti berupa tembakau sintetis seberat 23,74 gram. AGL disangkakan Pasal 112 Ayat (1) dan 114 Ayat (1), UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *