oleh

Serapan APBD 2020 Baru 25 Persen

TIMIKA – Memasuki semester kedua Tahun Anggaran 2020, serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baru mencapai 25 persen. Itu diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika, Marten Mallisa ketika ditemui di Gedung DPRD Mimika, Senin (13/7).

Dari keseluruhan APBD Tahun 2020 yang nilainya sekitar Rp 4,2 triliun dikatakan Marten, untuk belanja baru sekitar 25 persen. Minimnya serapan anggaran karena banyak pekerjaan yang belum jalan terutama kegiatan fisik.

Adapun serapan anggaran kata dia didominasi belanja rutin kantor termasuk gaji. Ditambah lagi serapan untuk pembiayaan penanganan wabah Covid-19 yang sudah berkisar 80 persen atau 90 persen dari total alokasi sebesar Rp 200 miliar. “Anggaran Covid inikan sekitar Rp 200 miliar lebih. Tetapi sudah terealisasi sudah sekitar 90 persen,” terangnya.

Pekerjaan fisikyang sudah dijalankanpun lanjut Marten baru sebatas pembayaran uang muka. Itupun belum terlalu banyak kegiatan fisik yang dijalankan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Penagihan uang muka juga disesuaikan dengan kontrak yang ditandatangani. “Sekalipun kontrak sudah jadi kan tidak bisa kita bayar sedangkan ada progres jalan baru bisa kita bayar,” ujarnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *