oleh

Pengiriman Telur ke Luar Daerah Kembali Diizinkan

TIMIKA – Dinas Peternakan (Disnak) Mimika kembali mengizinkan pengiriman telur ke luar daerah seperti yang dilakukan sebelum masa pandemi Covid-19. Surat edaran larangan yang sempat dikeluarkan Disnak pun dimasa pembatasan sosial yang diberlakukan Pemerintah Daerah (Pemda), kini sudah dicabut.

Pencabutan larangan dilakukan karena kebutuhan telur di Mimika kata Kepala Disnak Mimika, Yosefin Sampelino saat ditemui di Hotel Grand Mozza, Kamis (16/7), sudah terpenuhi dan bahkan sudah surplus seperti sedia kala, yakni 10 hingga 11 ton per hari.

“Memang di awal pandemi Covid-19 kemarin kebutuhan kita sangat tinggi, jadi untuk memenuhi itu kita harus hentikan dulu pengiriman keluar, supaya yang di dalam kita bisa penuhi,” jelasnya.

Ia mengatakan jika larangan ini masih berlaku saat ini, maka banyak telur yang akan busuk. Sehingga untuk menghindari hal itu, maka para peternak kembali diperbolehkan menerima pesanan dari luar daerah seperti Wamena, Agats dan bahkan Jayapura dan beberapa kabupaten tetangga lainnya.

Sementara untuk harganya pun masih tetap normal, yakni Rp 55-65 ribu per rak. Harga ini ditentukan berdasarkan ukuran telur itu sendiri.

“Harga telur dipasarkan masih tetap normal. Itu berarti masih tersedia,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *