oleh

Petugas Pertanian Lapangan dapat Bantuan 10 Motor

TIMIKA – Guna memaksimalkan kinerja Petugas Pertanian Lapangan (PPL), Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika menyerahkan 10 unit kendaraan roda dua untuk 10 petugas PPL. Secara simbolis, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM didampingi Plt Sekda, Drs Marthen Paiding dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan menyerahkan kunci motor kepada 2 perwakilan tenaga PPL, Jumat (17/7).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Ir Yohana mengatakan pengadaan 10 unit motor untuk tenaga PPL ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020. Dari DAK, tahun ini juga digunakan untuk pembangunan Balai Penyulahan 2 unit, pengadaan sarana penunjang lain untuk membantu memfasilitasi penyuluh di lapangan.

Selain memfasilitasi kendaraan roda dua, para tenaga PPL juga diberikan alat pengukur unsur hara tanah dan kamera drone untuk mengukur luas lahan pertanian.

“Jadi selain motor ada juga peralatan-peralatan yang akan dipakai di lapangan,” ujar Yohana.

Dengan dukungan fasilitas kepada para tenaga PPL ini sebut Yohana, bisa bermanfaat karena selama ini dengan cakupan wilayah kerja yang sangat luas, sementara penyuluh yang memiliki kendaraan baru sebagian saja.

“Kita bersyukur tahun ini ada 10 unit, kalau tidak salah ada dua saja yang belum memiliki kendaraan dari 19 penyuluh,” ungkap Yohana.

Untuk mendukung aktivitas penyuluh, tahun depan sebut Yohana, pihaknya akan berusaha untuk mencukupi kebutuhan ini.

Adapun dari 10 unit motor ini, satu diantaranya akan dibawa langsung ke Agimuga untuk digunakan dalam pendampingan petani. Dengan wilayah pertanian yang cukup luas di Agimuga, maka memang harus ditunjang dengan kendaraan operasional.

Sementara 9 motor lainnya, yakni dua unit akan digunakan di Kwamki Narama, SP 6, SP 5 dan tersebar di beberapa wilayah kerja penyuluh.

Mewakili bupati, Wakil Bupati Johannes Rettob mengatakan pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih sejahtera lagi, salah satunya adalah di bidang pertanian.

Para tenaga PPL sebut Rettob, menjadi petugas yang mendampingi para petani dalam mengolah lahan tani agar terus dimanfaatkan untuk menghasilkan komoditi unggulan. Untuk tujuan ini, maka PPL harus dibekali fasilitas pendukung seperti kendaraan guna menjangkau luas wilayah kerjanya.

“Saya harap dengan bantuan sepeda motor ini, para tenaga PPL bisa bekerja dengan maksimal lagi untuk mendampingi petani,” pungkas Rettob.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *