oleh

Kapolda Resmikan Mapolres di Kabupaten Puncak

TIMIKA – Setelah bertahun-tahun dinantikan, pembangunan Markas Kepolisian Resor Puncak yang berlokasi di Ilaga itu akhirnya rampung dan diresmikan. Peresmian dilakukan langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw pada Selasa (21/7) pagi kemarin. Dalam peresmiannya, Kapolda didampingi Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Bupati Puncak Willem Wandik, SE MSi dan Ketua DPRD Kabupaten Puncak, Lukius Newegalen, SIP.

Serah terima aset Mapolres Puncak oleh Bupati Puncak, Willem Wandik, SE MSi kepada Kapolres Puncak, AKBP Dicky Hermansyah Saragih.

Kapolda Irjen Paulus Waterpauw usai meresmikan Mapolres Puncak menjelaskan, gedung Polres Puncak sudah lama direncanakan pembangunannya, yakni sejak Tahun 2016. “Bertahap dibangun Mapolres Puncak ini dan alhamdulillah hari ini bisa diresmikan,” ujarnya.

Kapolda Paulus Waterpauw menjelaskan, kehadiran Polres Puncak bisa memlengkapi dinamika pemerintahan dan masyarakat yakni dengan melayani seluruh program dan kegiatan yang digaris bawahi oleh pemerintah setempat.

Usai peresmian Polres Puncak, ia berjanji akan segera mengisi sejumlah jabatan yang lowong. Namun, Kapolda juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Puncak bisa membantu dengan adanya tempat tinggal bagi para anggota yang bertugas.

“Saya juga berharap pak Bupati Willem bisa membantu kami dengan tempat tinggal untuk anggota. Tapi saya pikir untuk sementara mereka bisa tinggal di polres sini sambil melayani masyarakat,” ungkapnya.

Kapolda Paulus Waterpauw juga menegaskan akan meninjau lima distrik besar di Puncak yang perlu dibangunkan Mapolsek. Dimana menurut Bupati Puncak Willem Wandik, di Kabupaten Puncak baru ada tiga distrik yang dibangunkan Polsek.

“Dalam waktu dekat kita akan telaah dan laporkan kepada pimpinan untuk mendapat persetujuan atas pembangunan Polsek di lima distrik,” katanya.

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab dalam kesempatan itu mengucapkan selamat atas peresmian Mapolres Puncak. Pihaknya berharap pelayanan masyarakat dapat berjalan dan kondisi Kamtibmas semakin aman dan kondusif. “Termasuk memberikan kesadaran akan hukum positif yang dilaksanakan di jajaran kepolisian nantinya, sekaligus jadi pembelajaran kepada masyarakat,” jelasnya.

Bupati Puncak, Willem Wandik yang menghadiri langsung peresmian Mapolres Puncak menambahkan, kabupaten yang dipimpinnya sering kali terjadi konflik yang cenderung tidak berhenti. Sehingga dengan kehadiran Polres Puncak, diharapnya masyarakat bisa lebih tenang dan pemerintahan bisa bekerja dengan lebih baik lagi. Polres dapat memberikan perlindungan keamanan sehingga aktivitas dapat berjalan dengan aman, mengingat sejak 12 tahun hanya ada Polsek Ilaga yang berada di bawah naungan Polres Puncak Jaya.

Bupati Willem Wandik juga berharap melalui peresmian Markas Polres dan dimulainya pembangunan Kodim di Puncak dapat meningkatkan kemajuan daerah. Peresmian Mapolda ini menurut Bupati juga merupakan salah satu bukti perhatian negara untuk kabupaten tertinggi di Indonesia itu. “Kehadirannya juga akan membuat para guru kita bisa tenang mengajar kepada anak-anak kita dan (petugas) kesehatan bisa ada di tempat karena ada perlindungan yang baik. Sehingga pelayannya bisa jalan,” sambungnya.

“Tanpa Polres dan Kodim dalam pembangunan, maka saya yakin kabupaten ini akan tidak aman. Tanpa keamanan, maka sia-sialah kita membangun kota yang indah. Oleh karena itu, negara menyiapkan Kodim dan Polres untuk menjaga kota kita agar senantiasa damai,” tutupnya. (dcx/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *