oleh

Pangdam Letakkan Batu Pertama Pembangunan Makodim Puncak

TIMIKA – Makodim Puncak dalam waktu dekat akan berdiri. Hal itu setelah pada Senin (20/7) lalu, Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab meletakkan batu pertama untuk pembangunannya di Distrik Gome, Kabupaten Puncak.

Menurut Mayjen Herman Asaribab usai peletakan batu pertama, pembangunannya atas izin Bupati Puncak, Willem Wandik bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Pembangunannya juga bukan karena kemauan saya atau kemauan Bupati Willem Wandik, melainkan karena aturan undang-undang yang selalu mengikuti pembangunan kota,” ujarnya.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah setempat yang sudah mendukung dalam pembangunan Makodim kedepan. Selain itu Mayjen Herman Asaribab juga mengapresiasi tokoh masyarakat dan tokoh adat di Kabupaten Puncak. “Kita mau bagaimana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah ini (Puncak),” jelasnya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam kesempatan yang sama mengungkapkan kehadiran Polres dan Kodim kedepannya di Kabupaten Puncak sifatnya akan menjadi pendukung utama untuk membantu program kerja pemerintah setempat dan masyarakat. Sehingga ia mengajak semua orang bisa bersinergi dan bersatu padu melihat misi daerah dan potensi masyarakat termasuk anak muda.

“Pembangunan disini baik, maka pembangunan negara ini baik. Kita coba bangkitkan negara ini dari kampung. Mudah-mudahan semangat ini bisa dijaga dengan baik,” ungkapnya.

Bupati Puncak, Willem Wandik mengharapkan, pembangunan Kodim dan Polres di Puncak membuat kemajuan daerah. Karena ia mengklaim kedepan tidak akan ada gangguan dan tidak terjadi masalah. “Ini juga bentuk kehadiran negara, kehadiran negara itu selain orang juga lembaganya,” terang Bupati Willem Wandik.

“Kehadirannya juga akan membuat para guru kita bisa tenang mengajar kepada anak-anak kita dan (petugas) kesehatan bisa ada di tempat karena ada perlindungan yang baik. Sehingga pelayannya bisa jalan,” sambungnya.

Bupati Willem Wandik juga menginginkan kedepannya akan “menggeser” sejumlah kantor OPD maupun kantor bupati dekat dengan Makodim yang akan dibangun tersebut. Dimana ia mengungkapkan, rencana kedepan kabupaten untuk juga mulai meramaikan daerah atau Distrik Gome, sehingga pembangunan tidak hanya terpusat di Ilaga.

Ketua DPRD Kabupaten Puncak, Lukius Newegalen menyatakan pemerintah puncak sudah menyiapkan agar dibangun Kodim di Kabupaten Puncak. Ia mengakui masih banyak lembaga yang belum terbentuk di Kabupaten Puncak. Namun ia memastikan secara perlahan-lahan hal itu akan dilengkapi. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *