oleh

Kejaksaan Pantau Adanya 7 Sekte Kepercayaan

TIMIKA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika saat ini tengah melakukan pengawasan terhadap tujuh aliran atau sekte kepercayaan yang ada di Kabupaten Mimika.

Kepala Kejaksaan Negeri Mimika, Mohammad Ridosan melalui Kepala Seksi Intelijen Kejari Mimika, Eko Winarno mengatakan, Rabu (22/7) mengatakan, dari hasil rapat koordinasi dengan FKUB Mimika, mengungkapkan jika beberapa diantara sekte yang kini sedang diawasi itu, tergolong cukup radikal.

“Saya kaget. Tapi saya akan berkordinasi lagi dengan anggota riset ini. Mau kami tindaklanjuti setelah kegiatan kami yang saat ini sedang berjalan,” ujarnya.

Meskipun hingga saat ini dijelaskannya aliran yang ada tersebut tidak berpotensi menimbulkan konflik, namun ia memastikan akan menindaklanjuti dan mengawasi aliran kepercayaan tersebut. “Jika aliran kepercayaan ini tidak mengakibatkan konflik atau perpecahan negara, berarti tidak masalah,” ungkapnya.

“Namun kami berusaha untuk ‘penindakan’ pelan-pelan. Takutnya malah berkembang dan berbahaya,” sambung Eko.

Untuk itu, ia mengatakan penindakan aliran kepercayaan tidak hanya akan dilakukan oleh Kejaksaan saja, tetapi juga melibatkan instansi lain, termasuk seluruh lapisan masyarakat. “Kejaksaan tidak bisa serta merta sendiri, tetapi juga melibatkan FKUB, Kesbangpol, TNI-Polri dan lapisan masyarakat lainnya. Jadi kami mohon kerjasamanya supaya tidak menimbulkan konflik,” harapnya.

Eko juga menyebut jika pengawasan yang dilakukan Kejaksaan Negeri Mimika pada sekte ini, merupakan salah satu bentuk tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) pada Kejaksaan.

Dalam upaya penindakan lanjut Eko, Kejaksaan juga tidak akan menindak secara langsung aliran kepercayaan tersebut. Melainkan dengan akan memberikan surat pernyataan terlebih dahulu. “Jika tidak diindahkan surat tersebut, barulah ditindaklanjuti,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *