oleh

Pengalaman Berkesan Jadi Ketua Tim Divestasi Saham PTFI

Kesan Marthen Paiding Selama 34 Tahun Berkarya Sebagai PNS

Setelah 34 tahun berkarya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika merupakan jabatan tertinggi yang diduduki Drs Marthen Paiding, MMT.

 


Laporan: Selviani B/Radar Timika


TEPAT di hari ulang tahunnya ke-60 yang jatuh pada Rabu (22/7) kemarin, Marthen Paiding menghakhiri masa tugasnya sebagai ASN. Sesuai aturan, ASN dinyatakan pensiun pada usia 60 tahun. Terhitung mulai Maret Tahun 1986 Marthen Paiding diangkat menjadi ASN Pemerintah Provinsi Papua di Jayapura.

Kemudian pada Oktober Tahun 2000 ia bersama beberapa PNS lainnya diminta bertugas di Kabupaten Mimika. Ia diangkat menjadi Sekretaris Inspektorat kala itu masih disebut Badan Pengawas Daerah (Bawasda). Jabatan itu emban cukup lama, bahkan ketika beberapa kali perubahan nama Bawasda menjadi Inspektorat. Kemudian pada Tahun 2009, ia diangkat menjadi Kepala Inspektorat Kabupaten Mimika yang dijalaninya selama 7 tahun.

Barulah pada Tahun 2016 ia meninggalkan Inspektorat karena ditunjuk oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika. Hanya berselang dua tahun, ia dipindahkan lagi sebagai Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan hingga akhirnya dilantik sebagai Pj Sekda pada Oktober 2018 lalu.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah percayakan jabatan ini,” kata Marthen Paiding dalam sambutan terakhirnya sebagai Pj Sekda, Rabu (22/7) kemarin di Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Ia sadar, selama menjalankan tugas banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga ia menyampaikan permohonan maaf kepada Bupati dan Wakil Bupati sebagai pimpinan dan juga kepada masyarakat Kabupaten Mimika.

Dukungan dari  kepada semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN dan pegawai honorer bagi Marthen Paiding sangat penting dalam menjalankan tugas. “Terima kasih dan mohon maaf kalau saya pernah marah atau tegur baik dengan kata-kata maupun tindakan,” ucapnya.

Sepanjang karirnya sebagai PNS, ditunjuk sebagai Ketua Tim Divestasi Saham PT Freeport Indonesia merupakan tugas sekaligus pengalaman yang paling berkesan. Bahkan bagi Marthen Paiding, itu tidak akan bisa dilupakan. Ketika ditawari pun ia mengaku bimbang karena merasa tugas itu sangat berat.

Namun karena kepercayaan dan dukungan dari Bupati sebagai pimpinan daerah, tugas itu ia laksanakan. Satu kebanggaan baginya, tugas itu bisa dinyatakan berhasil. Perjuangan pemerintah daerah bersama masyarakat terjawab dengan disetujuinya 10 persen saham bagi Papua dimana Mimika mendapat bagian 7 persen. “Dalam waktu yang tidak terlalu lama apa yang menjadi dambaan dari pada pemerintah dan masyarakat itu bisa terwujud,” tuturnya bangga.

Memasuki masa pensiun, Marthen Paiding merasa lega, tapi juga terharu karena berpisah dengan rekan-rekan kerja yang sekian tahun bersama menjalankan tugas pemerintahan. Semua PNS pasti akan memasuki masa pensiun dan waktu yang akan menjawabnya. Ia merasa bangga karena bisa menyelesaikan tugas dengan baik sampai akhir masa jabatan.

Kepada seluruh pimpinan OPD, ASN dan honorer ia berpesan agar bisa melaksanakan tugas dengan penuh amanah. Membantu Bupati dalam mewujudkan Mimika sebagai kota metropolitan. “Beliau adalah seorang yang hebat dalam pemikiran dan ide yang cemerlang. Saya salut dengan beliau dan harus didampingi orang yang hebat juga. Sehingga apa yang menjadi pikiran, apa yang menjadi cita-cita beliau dapat terwujud karena didampingi orang hebat,” katanya.

Baginya tidak ada pekerjaan yang dianggap berat. Prinsipnya, mengalir seperti air. Kata dia, jika merasa berat justru pekerjaan susah diselesaikan. Jika enjoy maka semua pekerjaan bisa diselesaikan. Satu hal yang paling ditekankannya adalah tidak menunda pekerjaan. Meskipun banyak kesibukan, ia tetap berupaya menyelesaikan semua pekerjaan sebelum tidur.

Bukan hanya menandatangani dokumen yang disodorkan di meja kerjanya. Marthen Paiding juga berusaha merespon semua pesan yang masuk baik melalui WA atau pesan biasa. Juga merespon setiap panggilan telepon. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *