oleh

Sertijab, Pejabat Baru Bappeda Disambut Segudang Tugas

TIMIKA – Setelah pelantikan pada Jumat (17/7) lalu, para pejabat lama dan baru di lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan serah terima jabatan Kamis (23/7). Mulai dari pejabat eselon II, III dan IV terjadi perubahan.

Kepala Bappeda kini diduduki oleh Yohana Paliling. Dalam setahun terakhir diisi oleh Drs Marthen Paiding, MMT sebagai Plt untuk mengisi kekosongan karena pejabat sebelumnya tersandung kasus tipikor. Sertijab disaksikan oleh Plt Sekda Mimika, Nicolaas Kuahaty.

Saat menyerahkan jabatan kepada Yohana Paliling, Marthen Paiding menyampaikan terima kasih kepada seluruh staf yang sudah mendukungnya dalam menjalankan tugas sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik. “Walaupun saya tidak ada di tempat tapi dukungan teman-teman dari dalam bisa berjalan,” ujarnya.

Ia berharap dukungan itu juga bisa diberikan kepada Kepala Bappeda yang baru, sehingga yang sudah berjalan bisa lebih baik dan ditingkatkan. Ia sendiri yakin akan kemampuan Yohana Paliling karena sudah berpengalaman menjadi pimpinan OPD.

Beberapa tugas yang belum tuntas dititipkan kepada para pejabat baru. Salah satunya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah ditetapkan dan selanjutnya disahkan oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Selanjutnya agenda pembangunan terkait APBD Perubahan dilanjutkan lagi dengan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2021. Serta Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LPKJ) yang juga harus disampaikan ke DPRD. “Saya pikir teman-teman sudah memahami dan pasti akan jalan,” ujar Marthen Paiding.

Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi Bappeda, sebagai Kepala Bappeda yang baru, Yohana Paliling berkomitmen menjalankan dengan baik dan melanjutkan apa yang sudah dilakukan. Yang belum maksimal akan dibereskan secara perlahan. Komunikasi menurut Yohana menjadi kunci.

“Saya pikir selama ini soal koordinasi dan komunikasi yang harus bagus ke semua pihak ke atas dan ke bawah bahkan internal, supaya tupoksi bisa lebih cepat kita kerjakan,” katanya.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng selama ini menyoroti kinerja Bappeda yang dianggap tidak mampu menjalankan visi dan misi kepala daerah. Yohana Paliling menyatakan, sebagai OPD yang bertugas menyusun perencanaan dan mengakomodir usulan dari masyarakat bahkan OPD akan diramu dengan baik agar visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang sudah dirumuskan dalam RPJMD 5 tahun kedepan bisa direalisasikan.

Yohana mengakui tugas sebagai Kepala Bappeda sangat berat. Baginya, Bappeda adalah lingkungan yang benar-benar baru karena tidak pernah menjadi staf. Namun ia yakin dengan dukungan staf yang sudah berpengalaman akan bisa dikerjakan secara bersama.

Terutama segudang tugas yang sudah menanti. RPJMD yang masih dalam proses registrasi. Sehingga apabila ada perbaikan akan dilengkapi lagi sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Agenda lain adalah penyusunan APBD Perubahan.

Juga Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Tahun 2021 yang harusnya sudah digelar Maret lalu tapi karena masa pandemi Covid-19 sehingga tertunda. Padahal seharusnya lebih dulu digelar sebelum penyusunan APBD Perubahan.

“jadi memang ada beberapa pekerjaan yang tertunda karena Covid, itu cukup banyak,” tandasnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *