oleh

Pemuda Mimika Diajak Bersatu

HUT KNPI ke-47

TIMIKA – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) genap berusia 47 tahun tepat Kamis (23/7) kemarin. DPD KNPI Kabupaten Mimika menggelar acara peringatan yang dipusatkan di halaman Honai Pemuda, Jalan Cenderawasih.

HUT KNPI ke-47 dihadiri Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH bersama Ketua DPRD Mimika, Roby Omaleng beserta anggota DPRD lainnya, Ketua DPD KNPI Mimika, Michael Gomar, perwakilan Forkopimda dan para pimpinan OPD, perwakilan organisasi kemasyarakatan pemuda.

Sesuai slogan KNPI ‘Satu Nafas’, Bupati Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengajak seluruh pemuda di Mimika untuk bersatu. Tidak berkelahi dan tidak saling membenci. KNPI juga harus merangkul pemuda yang masih di pinggiran untuk bisa bersatu.

Sebagai organisasi tempat berhimpun para pemuda, wadah penggerak dan membangun persatuan dan kesatuan bangsa, KNPI kata Bupati Omaleng telah mendatangkan banyak harapan. Di Mimika, KNPI dapat memainkan peran strategis dalam memperjuangkan pemberdayaan pemuda sekaligus mengusung kemajuan bangsa, khususnya sebagai agen perubahan dalam proses pembangunan daerah.

KNPI diharapkan menjadi motor penggerak perubahan zaman dan menjadi laboratorium pemimpin yang berkarakter, berpola pikir majemik, serta pemimpin yang mampu melihat, mendengar, mengucapkan dan melaksanakan. “Suatu kebanggaan bagi Kabupaten Mimika karena memiliki pemuda yang kreatif dan inovatif, yang senantiasa berkarya dan berjuang bersama Pemda Mimika dalam mewujudkan cita-cita pembangunan,” ujarnya.

Ketua DPD KNPI Mimika, Michael Gomar mengatakan KNPI merupakan wadah yang menghimpun seluruh organisasi kemasyarakatan pemuda dan juga organisasi kemasyarakatan. KNPI terdiri dari para pemuda-pemudi hebat yang memiliki pengetahuan dan skill yang menjadi potensi bagi pembangunan dan sebagai pionir dalam melaksanakan pembangunan guna mewujudkan semua program kerja visi dan misi pemerintah Kabupaten Mimika.

Kepengurusan DPD KNPI Mimika pada periode ini baru berjalan sekitar 6 bulan karena baru dilantik pada 27 Desember 2019 lalu. Namun KNPI sendiri sudah berusia 47 tahun yang menurut Gomar merupakan usia yang cukup matang dan dewasa.

KNPI merupakan wadah organisasi laboratorium kader pemimpin yang telah dibentuk sejak 47 tahun yang lalu. KNPI merupakan wadah yang menghimpun seluruh organisasi kemasyarakatan pemuda dan juga ormas. KNPI terdiri dari para pemuda-pemudi hebat, yang memiliki pengetahuan, skill, sikap dan perilaku yang sangat menjadi potensi bagi pembangunan dan sebagai pionir dalam pelaksanaan pembangunan untuk mendukung semua program kerja visi dan misi pemerintah Kabupaten Mimika.

KNPI Kabupaten Mimika pada hari ini kurang lebih 6 bulan karena pada 27 Desember 2019 kami kepengurusan DPD KNPI baru dilantik tetapi usia KNPI hari ini tepat berusia 47 tahun. Usia yang cukup matang, yang cukup dewasa tetapi di dalam kepengurusan kami, perjalanan tugas dan tanggungjawab kami kengurusan DPD KNPI baru berusia kurang lebih 6 bulan.

Pada momen HUT KNPI ke-47 tahun ini, DPD KNPI mengusung sub tema ‘Youth Today, Future Leaders’ artinya pemuda saat ini adalah pemimpin masa depan. “Kita disiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan. Sebagai laboratorium pemimpin yang terhimpun dalam kepengurusan KNPI kita mempunyai tanggungjawab yang besar untuk membentuk dan proses para pemuda-pemudi agar menjadi pemimpin kedepan,” terang Gomar.

Khususnya pemuda-pemudi Amungme dan Kamoro yang tergabung dalam kepengurusan KNPI menurut Gomar adalah kader terbaik yang perlu dipersiapkan menjadi kader pemimpin di tanah Papua dan secara khusus Mimika.

Ia menambahkan terlaksananya program DPD KNPI di Mimika karena dukungan penuh dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda serta Pemda Mimika yang memberikan dukungan bantuan dana kepada pengurus sehingga semua rancangan program yang sudah disusun bisa berjalan dengan baik.

Sebelumnya dalam menyambut HUT KNPI ke-47, digelar berbagai macam perlombaan dan kegiatan sosialisasi yang melibatkan organisasi pemuda serta masyarakat umum di Kabupaten Mimika. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *