oleh

Kantor Baru Dinas Koperasi dan UMKM Diresmikan

Pembangunan Telan Anggaran Rp 20 M

TIMIKA – Beberapa kali berpindah kantor dan harus sewa gedung sejak dinyatakan sebagai organisasi perangkat daerah yang berdiri sendiri, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akhirnya memiliki gedung kantor sendiri. Sebuah gedung megah yang berdiri di Jalan Cenderawasih, SP 3 dibangun dengan anggaran mencapai Rp 20.842.750.000.

Gedung yang selesai dibangun pada akhir Tahun 2019 itu diresmikan oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ida Wahyuni pada hari Jumat (24/7). Turut hadir Ketua DPRD Mimika, Roby Omaleng serta anggota DPRD Mimika lainnya, Forkopimda dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Mimika.

Peresmian kantor dirangkaikan dengan launching marketplace ‘Lapak UMKM Timika’, penyerahan bantuan kepada UMKM berupa 20 unit motor roda tiga dan 20 unit gerobak. Juga dirangkaikan dengan syukur HUT ke-73 Koperasi dan HUT ke-5 UMKM Nasional.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH dalam sambutannya berharap agar koperasi dan UMKM yang ada di Kabupaten mimika mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Menjadikan koperasi dan UMK di Mimika sebagai kekuatan ekonomi rakyat dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. “Semoga ekonomi rakyat dapat berdaulat bersama anggota yang sehat dan koperasi yang kuat,” ujar Bupati Omaleng.

Pertumbuhan ekonomi nasional saat ini dikatakan Bupati Omaleng sedang mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan dan pengangguran meningkat. Dunia usaha terutama koperasi dan UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan.

Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian nasional tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis.

Untuk itu kata Bupati Omaleng, dunia usaha dituntut beradaptasi dengan kemudahan yang memungkinkan koperasi bisa mengakses pasar yang lebih luas, pembiayaan serta mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya dengan cara bertransformasi dari pasar offline ke pasar online dengan memanfaatkan digital. Demikian halnya pelaku UKM di Mimika.

Dinas Koperasi dan UMKM lanjutnya, sudah memiliki gedung kantor baru. Ia berharap ini menjadi penyemangat kerja dalam melayani masyarakat, khususnya dalam mensejahterakan anggota koperasi dan para pelaku UMKM. “Semoga ini dapat mendorong kinerja pegawai menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam merancang program pemberdayaan masyarakat melalui koperasi dan UMKM di Mimika,” tutur Bupati Omaleng.

Mengenai pembangunan gedung kantor baru, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Mimika, Ida Wahyuni dalam laporannya menerangkan pembangunan dilakukan dalam tiga tahap menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Mimika. Tahap pertama Tahun 2017 sebesar Rp 4.692.960.000. Tahap kedua Tahun 2018 dengan anggaran Rp 1.244.200.000. Tahap ketiga Tahun 2019 total anggaran Rp 14.900.590.000. Sehingga total keseluruhan pembangunan gedung koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika mencapai Rp 20.842.750.000.

Momentum peresmian kantor ini menurut Ida Wahyuni memberikan energi positif baru bagi gerakan koperasi dan pelaku UMK di Mimika. Tidak sekadar jadi kantor tapi menjadi tempat dalam membantu pemasaran, pembinaan, pengembangan dan pengawasan untuk koperasi dan pelaku UMKM untuk bertahan, bangkit dan terus berusaha di tengah pandemi.

“Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi launching lapak market place UMKM Timika memberikan prasarana kepada pelaku UMKM dan kesempatan dalam melakukan penjualan dan pembelian baik di Kota Timika maupun di luar Kota Timika,” kata Ida.

Ia menyebut masih ada kekurangan fasilitas yang perlu dibangun untuk mendukung fasilitas prasarana tugas-tugas bidang koperasi dan UMKM seperti gudang, pagar dan sentra UMKM serta sentra noken. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *