oleh

PKK Sosialisasikan Cara Memilih Daging dan Telur Sehat

TIMIKA –  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi cara memilih daging dan telur yang sehat bagi pengurus PKK yang ada di 6 distrik dan organisasi wanita se Kabupaten Mimika, Sabtu (25/7) di Ballroom Hotel Horison Timika yang dibuka oleh Ketua 1 Ny Susi Rettob bersama Ketua 2 Ny Pere Omaleng didampingi Wakil Ketua, Ny Paiding dengan memukul tifa.

Adapun narasumber yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Yosefin Sampelino.

Dalam sambutan Ketua PKK Mimika, Ny Kalina Omaleng yang dibacakan oleh Ketua 2, Ny Pere Omaleng mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kaum wanita dalam hal ini ibu-ibu mengenai cara memilih daging yang sehat. Mulai dengan melihat warna, bau dan tekstur daging serta cara mengolahnya agar tidak mengurangi kandungan nutrisi daging tersebut.

“Disini kita akan belajar cara memilih daging dan telur yang sehat untuk pemenuhan gizi keluarga dan juga cara memperlakukannya di rumah supaya tidak mudah busuk,” katanya.

Selain mengandung nutrisi, daging dan telur juga mengandung gizi yang tinggi serta mengandung vitamin dan mineral. Akan tetapi zat-zat nutrisi yang dikandungnya dapat menjadi media pertumbuhan yang baik bagi mikroba, sehingga menyebabkan daging dan telur rentan terkontaminasi oleh bakteri pembusuk. Hal ini yang menyebabkan kedua sumber gizi ini dikategorikan sebagai perishable food atau pangan mudah rusak.

Dengan adanya sosialisasi yang sangat penting ini lanjut Pere, para peserta yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga ini dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dalam keseharian dan menyebarkannya ke masyarakat luas, sehingga memberikan dampak positif  terhadap kesadaran kesehatan pangan dan pemenuhan gizi keluarga.

Sementara itu, Ketua Panitia, drh Sabelina Fitriani mengatakan sosialisasi ini sangat penting diadakan agar masyarakat dalam hal ini PKK dan perwakilan organisasi wanita bisa memahami dan mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam daging dan juga telur dan bagaimana cara yang benar dalam mengolahnya.

“Ini adalah program dari Pokja 4 untuk memberikan edukasi bagaimana cara memperlakukan daging dengan sehat di rumah. Ini sangat penting untuk diketahui dan kita berharap setelah dari tempat ini perwakilan yang ikut bisa menyampaikannya kepada anggotanya untuk ditersukan lagi kepada masyarakat yang ada disekitarnya supaya semua tahu,” jelasnya.

Dalam sosialisasi ini juga diadakan perlombaan menentukan nama daging yang disiapkan panitia dimana daging-daging tersebut tidak diberi nama, sehingga para perwakilan dari masing-masing organisasi untuk menetukan namanya dan juga memilih telur yang sehat.

Adapun juara pertama dalam perlombaan ini adalah Dharma Yukti, juara 2 adalah tim sekertariat dan juara 3 adalah tim para ketua dan wakil ketua, harapan 1 adalah tim Miktim dan kelurahan Wania dan harapan 2 adalah Distrik Miru dan kelurahan kwamki baru. Masing-masing pemenang mendapatkan uang pembinaan. (ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *