oleh

Plt Sekda Ingatkan OPD Waktu Tersisa 4 Bulan

TIMIKA – Pandemi Covid-19 sudah menyita banyak waktu, termasuk program pemerintahan yang mandek. Beberapa hari lagi lagi akan memasuki bulan Agustus. Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Mimika, Nicolaas Kuahaty mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pelaksana kegiatan untuk mempercepat pekerjaan.

Nicky, sapaan akrab Nicolaas ketika memimpin apel pagi Senin (27/7) kemarin mengatakan sekitar tiga bulan karena situasi pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang tidak bisa berjalan maksimal. Memasuki masa new normal, ia mendorong OPD untuk segera mengoptimalkan seluruh kegiatan namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pekerjaan fisik kata dia harus digenjot untuk memaksimalkan serapan anggaran yang sampai saat ini tergolong masih sangat rendah.

“Kita berharap kemarin pada saat Covid inikan praktis hampir tiga bulan lebih kita tidak bisa melaksanakan aktivitas. Kita berharap OPD yang sudah berkontrak segera melaksanakan aktivitas di lapangan, sehingga penyerapan anggaran bisa lebih optimal,” ujarnya.

Termasuk kata dia aktivitas kantor yang sudah berjalan normal kembali setelah diterapkannya work from home, sehingga OPD dalam hal ini para pegawai diharap bekerja lebih efektif di kantor dan pelayanan publik tetap maksimal.

Memang diakui Nicky ada beberapa proyek atau kegiatan yang belum ditender akibat Covid-19. Apalagi Pemda melakukan refokusing sekaligus realokasi anggaran yang tentunya berdampak pada pelaksanaan kegiatan.

Adanya realokasi maka banyak kegiatan yang pembiayannya menjadi tahun jamak, bukan tahun tunggal.

“Karena tahun jamak berarti kita berlakukan seperti multi years. Jadi dia kerjakan dulu dalam perjanjian dibayar sesuai uang yang tersedia sekarang, sisanya akan dibayarkan tahun depan,” terang Nicky.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *