oleh

Sapi Kurban Mengalami Kenaikan Harga, Ini Penyebabnya

TIMIKA – Jumlah hewan yang dikurbankan pada Idul Adha 1441 Hijriyah 2020 Masehi, menurun drastis dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini disebabkan salah satunya pandemi Covid-19.

Salah seorang pemilik usaha hewan kurban di SP 4, Sawen, mengungkapkan jika jenis sapi Bali masih menjadi favorit umat Muslim untuk dikurbankan pada Idul Adha. Tahun ini, ia mengakui mendatangkan sapi dari Sorong, Papua Barat.

Di tahun 2020 harga sapi sebut Sawen, mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Ia mencontohkan untuk sapi berukuran berat 300 hingga 400 Kg tahun lalu masih dijual dengan harga Rp 30 juta. Namun tahun ini naik menjadi Rp 35 juta. Begitu pun dengan sapi yang beratnya 200 Kg. Tahun lalu masih dijual dengan harga Rp 15 juta hingga Rp 17 juta. Namun kini dijual dengan harga Rp 20 juta hingga Rp 25 juta.

“Tahun ini harga sapi cukup meningkat. Karena kami datangkan dari Sorong, tidak dari Maluku lagi,” ujar Sawen.

Sapi kurban sebut Sawen adalah sapi jantan sehat yang didatangkan dengan bekerja sama pihak KSDP yang mengangkutnya menggunakan Kapal Fery. Dengan sistem carter, Sawen harus mengeluarkan biaya dari Sorong-Timika sampai Rp 350 juta yang bisa memuat sampai 300 ekor sapi. Dengan menggandeng salah satu pengusaha yang sama, Sawen membagi ongkos kapal. Walaupun bisa menampung sampai 300 ekor sapi dalam satu kali pengiriman kapal, namun karena keterbatasan modal, jadi hanya 200 ekor sapi yang bisa sampai ke Timika.

Untuk harga sapi dari Sorong sendiri per ekornya Rp 17 hingga Rp 20 juta, tergantung ukuran.

Sapi-sapi ini didatangkan dari bulan Juli awal. Dengan perawatan yang cukup mudah, yakni pemberian rumput yang rutin serta minum yang cukup dan kandang yang baik, sapi siap dikurbankan. Namun, mengingat ongkos mendatangkanya dari Sorong yang sangat mahal, serta resiko besar dalam perjalanan, maka penjualan sapi di Timika harganya bisa cukup mahal.

“Harganya cukup mahal karena faktor resikonya tinggi untuk bisa sampai ke sini,” imbuh Sawen.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *