oleh

Stok Obat Sangat Terbatas, Kasus Malaria Justru Meningkat

Masyarakat Diminta Jaga Kesehatan

TIMIKA – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Mimika, beberapa jenis penyakit endemis seperti malaria juga kembali meningkat karena faktor cuaca. Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra meminta masyarakat untuk tidak takut berobat ke fasilitas kesehatan.

Setiap hari kata Reynold, Puskesmas bisa melaporkan 30 sapai 50 kasus malaria. Belum lagi penyakit lain seperti diare dan batuk pilek yang akhir-akhir ini banyak diderita oleh masyarakat. “Kami hanya minta dua, yaitu tidak keluar rumah kemudian menjaga imunitas,”kata Reynold yang ditemui di Pomako, Rabu (29/7) kemarin ketika menghadiri satu kegiatan.

Meskipun malaria mengalami gejala yang hampir sama dengan Covid-19, namun bukan berarti pasien harus melakukan rapid test. Skrining dalam bentuk wawancara dengan pasien tentu diberlakukan. Sebab, orang dengan malaria pasti memiliki suhu tubuh yang tinggi dan kadang-kadang disertai batuk pilek.

Sehingga untuk skrining, pasien ditanya apakah pernah kontak atau punya riwayat perjalanan keluar atau dengan pasien Covid-19. “Ada pemeriksaan sederhana yang dilakukan di Puskesmas misalnya menghitung jenis leukosit atau menghitung jumlah leukosit itu bisa membedakan mana Covid,” terangnya.

Untuk itu kata Reynold, masyarakat tidak usah takut pergi Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan. Layanan akan tetap diberikan. Di masa new normal ini, faskes seperti Puskesmas melakukan social distancing. Selain itu untuk memberikan jaminan, seluruh tenaga kesehatan menjalani pemeriksaan swab massal. Bukan hanya sekali tapi akan dilakukan berulang. Baik tenaga kesehatan di rumah sakit maupun yang dikelola Dinas Kesehatan.

Stok obat malaria saat ini di Mimika kata Reynold sangat terbatas. Sehingga ia mengimbau masyarakat untuk melakukan pencegahan. “Menjaga kesehatan itu jauh lebih penting. Obat sesungguhnya ada dalam diri manusia masing-masing. Makanya apapun lebih baik mencegah daripada mengobati, kalau sakit minum obat sampai tuntas,” tandasnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *