oleh

Tinjau Lokasi Bencana, Bupati: Pemda akan Normalisasi Sungai

TIMIKA – Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH pada Kamis (30/7) pagi memantau langsung lokasi bencana amblasnya jalan yang membuat akses Jalan Trans Papua ruas Timika-Nabire terputus.

Melihat situasi di lapangan, Bupati Omaleng memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan penanganan. Salah satunya melakukan pengerukan atau normalisasi sungai.
Sementara untuk perbaikan jalan, karena merupakan jalan nasional maka Pemda Mimika akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ia menyebut ada sekitar satu kilometer jalan yang harus diperbaiki. “Soal jalan kita harus koordinasi pusat, sedangkan tanggul dan normalisasi akan ditangani Pemda segera,” ujar Bupati Omaleng.

Pemda juga akan memanggil PT PAL sebagai perusahaan yang membuka lahan perkebunan kelapa sawit. Sebab kata Bupati Omaleng mereka harus bertanggungjawab. Serta beberapa perusahaan yang beraktivitas di sepanjang Jalan Trans Nabire.

Menyangkut penanganan masyarakat yang terdampak, Bupati menegaskan ketika kejadian tim langsung turun dari BPBD. Sebagian besar warga yang bermukim di area PT PAL adalah warga yang sebenarnya punya rumah di kota dan hanya berkebun di sekitar area PT PAL.
Ia juga menyoroti aktivitas perkebunan oleh masyarakat yang sangat dekat dengan badan jalan. Untuk itu Bupati meminta masyarakat membuka kebun dengan jarak 50 sampai 100 meter dari badan jalan.

Begitu juga dengan warga Iwaka, Mioko, Aikawapuka dan Kamora. Ia menyatakan Pemda sudah mengambil langkah responsif termasuk distribusi logistik bahan makanan. Bahkan warga yang terdampak parah sudah dievakuasi.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *