oleh

Gear Box Rusak Picu KM Kemilau Kencana Mimika Tak Sampai Tujuan

TIMIKA – Tim SAR Gabungan Pos Asmat menginformasikan telah menemukan kapal ikan KM Kemilau Kencana Mimika, yang sebelumnya dilaporkan hilang kontak sejak Sabtu (25/7) pekan lalu. Kapal itu ditemukan berkat bantuan agen kapal tersebut.

Kepala SAR Timika, Monce Brury SIP, Kamis (30/7) sore menjelaskan, pencarian di hari kedua pada Kamis itu membuahkan hasil. Di mana KM Kemilau Kencana Mimika berpenumpang empat orang, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

“Pada hari Rabu atau hari pertama pencarian, hasilnya nihil. Dan hari ini, kami melakukan pencarian sejak pagi. Di mana sebelum itu kami mendapatkan informasi dari agen kapal, yang menjelaskan posisi kapal karena sempat melakukan kontak dengan salah satu ABK,’ ujarnya.

Dari informasi itu, Tim SAR Gabungan Pos Asmat kemudian bergerak mencari keberadaan kapal yang dimaksud. Diketahui KM Kemilau Kencana Mimika sedang sandar di Tanjung Mor,  Kabupaten Asmat. “Dan betul kapal ada di lokasi tersebut, di mana awak kapal juga sehat dan selamat,” ungkapnya.

Belakangan diketahui, kapal tak sampai tujuan karena mengalami kendala mesin tepatnya di bagian gear box. Jarak pos SAR Asmat dengan lokasi penemuan sendiri diperkirakan sejauh 16 mil laut.

KM Kemilau Kencana Mimika berangkat dari Poumako sejak Sabtu pekan lalu, dan seharusnya tiba di hari yang sama di Kabupaten Asmat. Dengan penemuan keempat orang tersebut beserta kapal, maka operasi SAR ditutup. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *